Tips Pertama Kali Membeli Rumah Untuk Pengantin Baru

0 69

Tips Pertama Kali Membeli Rumah Untuk Pengantin Baru

Setelah menikah banyak pasangan yang langsung ingin memiliki rumah impian sendiri. Bahkan menurut Coldwell Banker di Foxnews.com setidaknya sudah ada 35% pasangan baru menikah umumnya sudah siap membeli rumah. Bagi pasangan baru menikah, simak tips pertama kali membeli rumah untuk pengantin baru berikut ini

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Hal yang pertama sekali ketika memilih rumah untuk pasangan pengantin baru adalah memilih lokasi hunian yang paling tepat. Lokasi yang tepat ini dalam artian mudah dijangkau dari tempat pasangan sering menghabiskan waktu sehari-hari. Misalnya keduanya bekerja di tempat yang berbeda.

Usahakan rumah yang akan dipilih lokasinya berdekatan dengan tempat kerja kedua pasangan. Hitung berapa kira-kira jarak dan waktu tempuh dari tempat kerja dengan rumah yang akan dipilih. Ini bisa mempengaruhi kenyamanan pasangan untuk tinggal di rumah tersebut.

2. Memperhatikan Fasilitas Pendukung yang Memadai

Perhatikan juga beragam fasilitas baik dalam maupun sekitar area hunian. Pasangan muda kebanyakan memiliki sejumlah kesibukan yang padat. Inilah mengapa sebaiknya dipilih rumah yang fasilitasnya lengkap sehingga tidak membuat repot. Misalnya PAM, ketersediaan listrik, dapur, fasilitas olah raga dan sebagainya.

Begitu juga dengan ketersediaan fasilitas umum di sekitar area hunian. Misalnya dekat dengan rumah sakit, pusat perbelanjaan, kemudahan akses angkutan umum, transportasi dan lainnya. Semakin lengkap fasilitas yang tersedia, semakin mendukung kenyamanan serta dapat membantu mempermudah keseharian pasangan muda.

3. Menghitung Budget Anggaran Yang Dimiliki

Tips selanjutnya adalah menghitung budget anggaran yang dimiliki. Pikirkan berapa kira-kira jumlah anggaran uang muka yang bisa dibayarkan. Selanjutnya pilih rumah dengan uang muka yang sekiranya sesuai jumlah anggaran tersebut.

Pastikan juga untuk memilih cicilan maksimal 1/3 dari total pemasukan per bulan (kedua pasangan). Hal ini penting dilakukan, karena dapat menjamin pasangan bisa hidup nyaman walaupun masih ada tanggungan cicilan rumah.

4. Menyiapkan Beberapa Pilihan Perumahan

Setidaknya siapkan beberapa pilihan perumahan, kemudian kenali pengembang setiap perumahan tersebut. Paling sedikit ada 3 pilihan perumahan sebagai cadangan. Pilihan ini bisa membantu agar lebih yakin menentukan mana yang terbaik misalnya dari segi kelengkapan fasilitas dan lainnya.

Selain itu penting juga untuk mengenali pihak developer perumahan tersebut. Bisa dengan melihat track record nya, apa sudah sering menangani proyek dan berhasil memuaskan konsumen. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih hunian yang terbaik.

5. Memilih Hunian yang Bisa Dikembangkan

Banyak pasangan baru menikah, ketika mencari hunian baru selalu memilih yang cukup memiliki satu kamar tidur saja. Mereka cenderung hanya berpikir untuk kebutuhan saat ini rumah kecil saja sudah cukup karena memang hanya untuk berdua. Padahal pemikiran seperti ini sebenarnya keliru.

Pasalnya sebagai pasangan suami-istri, cepat atau lambat pasti memiliki buah hati nantinya. Ini sebaiknya harus dipikirkan lagi. Dengan memilih rumah yang setidaknya punya 2 kamar, atau lebih agak besar bisa dijadikan langkah antisipasi. Misalnya bagian rumah bisa dikembangkan untuk ruang anak nanti nya.

6. Pikirkan Faktor Kenyamanan dan Keamanan Lingkungan

Faktor kenyamanan serta keamanan lingkungan hunian juga sangat penting untuk dipikirkan. Pertama faktor kenyamanan, rumah yang ideal berarti dapat mendukung rasa nyaman penghuni. Bisa dilihat dari desain rumah itu sendiri, apa sudah memiliki sirkulasi udara yang baik, memiliki struktur bangunan  cukup kokoh dan lainnya.

Kedua, yaitu faktor keamanan yang berhubungan dengan kondisi lingkungan sosial. Pikirkan apakah kondisi lingkungan sosial area sekitar hunian dapat ditinggali oleh anak-anak. Bagaimana pun pasangan pengantin baru pasti berencana memiliki anak secepatnya. Dengan memperhatikan kondisi lingkungan akan dapat mempengaruhi rasa betah atau tidak untuk tinggal di area tersebut.

7. Mencari Informasi Selengkap Mungkin Tentang Hunian Yang Akan Dipilih

Selain mencari informasi tentang pengembang perumahan ada cara lain lagi agar semakin mantap memilih hunian yang sedang diincar. Bisa dilakukan survey kecil pada penduduk sekitar area hunian. Coba tanyakan pada mereka apa selama ini mereka merasa nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Ini juga bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Itulah beragam tips memilih rumah untuk pasangan pengantin baru menikah. Jadi sebaiknya tidak asal memilih dan pertimbangkan semua dengan bijak.

Source https://www.ilmutekniksipil.com
Comments
Loading...