Tips Menentukan Pencahayaan Untuk Ruang yang Lebih Tenang dan Nyaman

0 34

Salah satu kenyamanan dalam rumah tidaklah hanya ditentukan oleh bagaimana penataan dan pemilihan furniture dalam rumah tersebut. Akan tetapi desain rumah dan pencahayaan pada rumah tersebut juga sangat berpengaruh pada kenyamanan ruangan.

Tips Menentukan Pencahayaan Untuk Ruang yang Lebih Tenang dan Nyaman

Sayangnya untuk mendapatkan pencahayaan ruangan yang tepat perlu pertimbangan yang tepat. Bukan hanya pertimbangan tentang seberapa banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam rumah akan tetapi juga bagaimana posisi jendela tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Nah berikut ini tips menentukan pencahayaan untuk ruang yang lebih nyaman dan cantik.

1. Maksimalkan Sinar Matahari

Ketika agi sampai siang hari, penggunaan cahaya matahari sangat dibutuhkan pada ruangan. Dengan memanfaatkan sinar matahari, ruangan tak hanya akan terasa lebih terang namun juga hangat sehingga begitu nyaman untuk beraktifitas.

Nah untuk mendapatkan sinar matahari secara maksimal, sebaiknya hanya gunakan sheer atau bahkan biarkan jendela terbuka tanpa penghalang sekecil dan setipis apapun. Selanjutnya maksimalkan pembukaan jendela atau ventilasi pada ruangan, dengan begitu sirkulasi udara pada ruangan tersebut akan lancar dan hawa di dalam rumah pun lebih fresh.

2. Tentukan Ukuran Jendela Sesuai Fungsi

Meski Anda begitu disarankan untuk memaksimalkan penggunaan sinar matahari, yang dengan kata lain Anda juga disarankan untuk menggunakan jendela berukuran besar namun pemilihan ukuran jendela juga perlu dilakukan sesuai dengan fungsi jendela tersebut.

Apabila dalam ruangan tersebut terdapat lebih dari satu buah jendela, maka Anda bisa meminimalisir ukurannya sebab disini fungsi jendela tak sepenuhnya sebagai sumber cahaya alami namun untuk ventilasi. Sedangkan jika Anda menggunakan jendela tunggal pada ruangan, akan lebih baik jika ukuran jendela maksimal atau sesuai kebutuhan cahaya pada ruangan. Pastikan ruangan tersebut juga memiliki ventilasi lain.

3. Pilh Model Jendela Yang Tepat

Hal berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jendela pada ruangan adalah model dari jendela tersebut. Biasanya pemilihan model jendela sendiri ditentukan berdasarkan konsep bangunan tersebut. Apabila hunian Anda menggunakan konsep minimalis, maka model jendela yang digunakan pun pastinya dengan model yang sederhana namun tetap terkesan elegan.

Sedangkan untuk bangunan dengan konsep klasik eropa tentu model jendela yang digunakan lebih berukir dan nampak mewah. begitu juga dengan konsep lain seperti bohemian, kontemporer dan lain sebagainya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Pemilihan model jendela sesuai konsep bangunan ini berfungsi untuk menyelaraskan konsep serta memberikan pencahayaan yang sesuai dengan konsep yang diusung. Sebab untuk beberapa konsep seperti industrial, kontemporer dan minimalis umumnya membutuhkan pencahayaan yang lebih dibanding hunian dengan konsep lain.

4. Perhatikan Pernak-pernik Pada Jendela

Setelah menemukan jendela yang sesuai dengan kebutuhan, fungsi serta konsep bangunan, selanjutnya pilih pernak-pernik atau aksesoris ruangan yang berhubungan dengan jendela. Gorden, ya pernak-pernik yang sebenarnya juga bisa disebut sebagai beda wajib dalam ruangan full pencahayaan alami ini harus dipertimbangkan dengan benar.

Anda bisa memilih gorden sesuai dengan konsep ruangan secara keseluruhan, baik pada warna, model ataupun material yang digunakan. Setelah didapat penyesuaian yang tepa tantara jendela dan gorden, bukan hal sulit lagi untuk memberikan tampilan cantik pada hunian Anda.

Mudah bukan untuk mendapatkan pencahayaan ruangan yang sesuai dengan keinginan? Kuncinya adalah tentukan terlebih dahulu konsep bangunan, kemudian tentukan bagaimana fungsi pencahayaan tersebut. Setelah konsep dan fungsi pencahayaan di dapat, selanjutnya pilih jendela yang sesuai dengan keinginan Anda.

Source https://masalahapartemen.com
Comments
Loading...