Rumah Kita

0 319

Mempunyai rumah adalah nikmat besar dari Tuhan, yang terkadang bahkan sering “dilupakan” oleh manusia, karena telah terbiasa tinggal di dalamnya, terkadang kita lupa untuk bersyukur untuk itu.  Padahal dengan adanya rumah, manusia bisa mendapatkan banyak sekali kemudahan.  Biasanya orang akan menyadari akan arti pentingnya rumah jika rumah mereka telah tercerabut dalam kehidupan sehari-harinya.

Masih banyak orang yang tidak mempunyai tempat tinggal yang layak huni.  Bisa jadi karena keterpaksaan, keterbatasan dana, ataupun karena keterbatasan lahan.  Padahal sejatinya mereka juga ingin mempunyai rumah yang layak huni, sehat dan nyaman.

Sebelum lebih lanjut, ada baiknya kita ulas sedikit mengenai definisi dari rumah itu sendiri.

Secara umum, rumah adalah tempat untuk berlindung atau bernaung dari pengaruh lingkungan sekitar (Hujan, Matahari, dan lain-lain).  Rumah juga merupakan tempat beristirahat setelah aktivitas sehari-hari.

Pengertian rumah dapat juga ditinjau secara fisik dan secara psikologis.  Secara fisik, rumah adalah bangunan sebagai tempat untuk tidur, kembali dari bepergian, Dari segi fisik rumah berarti suatu bangunan tempat kembali dari berpergian, bekerja, tempat tidur dan beristirahat.  Secara psikologis rumah adalah tempat tinggal yang damai, tentram dan menyenangkan bagi penghuninya.

Dalam menentukan rumah tinggal biasanya orang menggunakan pertimbangan-pertimbangan antara lain aksebilitas.  Yang dipertimbangkan biasanya adalah jarak rumah dengan fasilitas umum yang mudah dan cepat.  Bagaimana transportasi yang ada. Bagaimana jalan menuju lokasi, apakah cukup baik, mudah dan lancar.  Selain aksebilitas, pertimbangan pemilihan lokasi rumah tinggal adalah keamanan lingkungan serta kesehatan lingkungan, sarana prasana yang memadai, seperti tempat ibadah, sekolah, dan yang lain.

Pertimbangan lain yang biasanya diperhatikan adalah luas lahan serta ketersediaan dana yang digunakan untuk mendapatkan rumah.

Cara paling mudah untuk mengakses rumah yang sesuai dengan iki kantong adalah mencari perumahan.  Banyak tipe rumah yang ditawarkan, besar atau kecil, bagus atau minimalis sederhana.  Tinggal disesuaikan saja dengan jumlah kantong.  Dan biasanya para developer tersebut juga bekerjasama dengan pihak perbankan dalam urusan membiayaan, sehingga memudahkan bagi kastemer untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah.

Ada banyak tipe rumah yang bisa ditawarkan, seperti rumah tipe 21, tipe 36, tipe 45, tipe 54, tipe 70,  tipe 90, tipe 120, dan tipe khusus lainnya.  Nah, untuk pembahasan berikutnya, saya akan membahas satu per satu mengenai tipe-tipe rumah tersebut.  Pembahasan tersebut akan saya buat dalam artikel-artikel tersendiri.

Semoga bermanfaat.

Comments
Loading...