Perpaduan Desain Rumah Tropis dan Konsep Rumah Modern

0 396

Perpaduan Desain Rumah Tropis dan Konsep Rumah Modern

Indonesia merupakan salah satu negara tropis dengan iklimnya yang memiliki curah hujan tinggi, dan juga sinar matahari yang terus menyinari sepanjang tahun, dan tentu saja berbeda dengan iklim dari negara sub tropis yang ada di belahan dunia lain. Maka tak heran, dari segi cuaca yang ada di Indonesia ini, juga berpengaruh pada desain rumah yang populer dan banyak diminati sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama mereka yang berada di perkotaan, dengan konsep perpaduan desain rumah tropis dengan konsep rumah modern.

Tentunya, menjadi salah satu pilihan desain rumah yang menarik, jika anda menyesuaikan kondisi iklim yang ada pada daerah anda, dengan desain rumah yang terbilang modern. Dengan iklim yang sesuai, tentunya akan menjadikan si penghuninya merasa nyaman. Rumah tropis ini sendiri, merupakan salah satu penyesuaian yang tepat untuk anda agar merasa nyaman dengan terik matahari tropis, dan juga curah hujan yang terlampau tinggi. Dibawah ini adalah ulasannya untuk desain rumah tropis dengan konsep modern.

Desain Rumah Tropis dan Konsep Rumah Modern

1. Struktur rumah tropis

Struktur dasar dari rumah tropis yang ada di Indonesia ini, merupakan salah satu yang terinspirasi dari desain rumah tradisional yang memiliki penyesuaian desain yang menarik, termasuk untuk penyesuaian desain berdasarkan iklim yang ada. Bangunan dirandang dengan memiliki banyak bukaan, tanpa adanya terlalu banyak isolasi. Desain ruangan memang termasuk salah satu yang banyak menyediakan ruang untuk aliran udara, sehingga kelembapan udara bisa berkurang.

2. Sirkulasi cahaya pada rumah tropis

Biasanya untuk konsep rumah tropis ini sendiri memiliki dungsi untuk mengatur sirkulasi udara agar cahaya yang masuk kedalam ruangan tidak terlalu banyak intensitasnya, namun tetap cukup menaungi penghuni yang ada didalamnya. Salah satu yang mampu untuk membantu mengeksplorasi efek positif dari intensitas cahaya yang masuk pada hunian anda ini adalah adanya cerlang, yang membedakan antara hunian tropis dengan sub tropis, dimana untuk panas yang masuk tidak menimbulkan silau, dan mengurangi panas yang terlalu berlebihan.

3. Konsep rumah tropis bergaya modern

Tampilan rumah dengan desain yang dimodifikasi sedemikian rupa, merupakan salah satu hal yang kerap didapati dari desain rumah tropis dengan desain yang modern. Salah satu yang mempengaruhi desain dari rumah tropis bergaya modern ini adalah permainan kaca dengan diameter panjangnya, dan juga struktur rumah yang khas, dengan permainan intensitas cahaya yang menarik.

4. Interior rumah tropis bergaya modern

Biasanya pada bagian interiornya sendiri, tidak terlalu memiliki banyak sekat, dan juga tidak terlalu memiliki banyak perabot didalamnya. Desainnya memang lebih cenderung mengarah ke desain minimalis, namun tetap memiliki ciri khas tersendiri untuk hunian anda yang bergaya tropis modern, dengan struktur yang khas dari baja ringan.

Demikian ulasan mengenai perpaduan antara desain rumah tropis dengan konsep modern, dan cocok sebagai salah satu inspirasi desain rumah anda. semoga bermanfaat.

Source https://www.ilmutekniksipil.com
Comments
Loading...