Mengenal Sosok 11 Arsitek Terkenal di Dunia

0 196

Mengenal Sosok 11 Arsitek Terkenal di Dunia

Munculnya sekian banyak gedung pencakar langit yang begitu megah nan estetis tak lepas dari tangan dingin seorang arsitek. Diantara ribuan arsitek dunia, ada sejumlah nama yang mempunyai pengaruh besar terhadap dunia.

Karya hebat mereka sering mempunyai nilai seni yang luar biasa sehingga membuat siapa pun kagum melihatnya. Bahkan tidak sedikit pula sosok arsitek yang sangat terkenal di dunia dan dinobatkan sebagai pencetus atau pioneer sebuah gaya arsitektur dan mendapatkan beragam penghargaan dunia.

Ini dia profil 11 arsitek terkenal di dunia dengan rentetan karyanya yang mengagumkan.

1.        Le Corbusier

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: 42ndblackwatch1881.wordpress.com

Sosok arsitek asal Swiss ini dikenal sebagai sosok yang dominan dalam pengembangan konsep gaya arsitektur internasional (International Style). Di samping itu, Le Corbusier pun dikenal tidak terlampau suka ornament dekorasi non struktural yang berlebihan pada bangunan. Ia menyenangi pemakaian bahan beton dan baja canggih di dalam struktur rancangannya.

Pria yang pernah meraih penghargaan AIA Gold Medal (1961), dan Grand Officiers of the Légion d’honneur (1964) pernah merancang Villa Savoye di Poissy, Unité d’habitation di Marseille dan Villa La Roche di Paris serta bangunan istimewa lainya.

2.        Louis Kanh

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: niels85.wordpress.com

Louis Kanh tercatat sebagai sosok arsitek yang punya gaya monumental dan monolitik. Banyak karya-karyanya memang tampak demikian sejak eksistensinya di abad ke 20. Ia memang dikenal dan diakui kehebatannya oleh khalayak yang memahami dunia arsitektur, bahkan ia pernah menjadi orang yang paling dominan pada masanya. Sebagai bukti kehebatannya, arsitek berkebangsaan Amerika ini meraih penghargaan RIBA Gold Medal dan juga AIA Gold Medal.

Lahir 1 Februari 1901, arsitek ini sukses merancang Phillips Exeter Academy Library, Jatiyo Sangshad Bhaban, Salk Institute, Indian Institute of Management, Yale University Art Gallery, Ahmedabad dan Kimbell Art Museum. Sejak 1957 sampai kematiannya, ia merupakan seorang professor arsitek di University of Pennsylvania.

3.        Cesar Pelli

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: news.wisc.edu

Cesar Pelli, arsitek berkebangsaan Argentina ini memulai kiprahnya di dunia perancangan bangunan pada 1926 dan terkenal sebab hasil karya-karyanya yang mempunyai eleman tutupan metalik dan berlikur.

Salah satu karya sangat terkenal yang pernah ia ciptakan ialah Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur. Ia pun pernah merancang World Financial Center di New York City yang secara megah mengelilingi World Trade Center.

Sebagai bukti kehebatannya, tidak sedikit penghargaan dibidang arsitektur yang sudah ia raih hingga saat ini, salah satunya yakni penghargaan bergengsi AIA Gold Medal tahun 1995. Sedangkan pada tahun 1991, ia pernah didaftarkan sebagai 10 arsitek Amerika terhandal oleh Institut Arsitek Amerika (AIA). Sebagai bukti kecintaannya pada arsitek, ia pun membangun Pelli Clarke Pelli Architects.

4.        Louis Henry Sullivan

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: Wikipedia

Arsitek jenius satu ini sangat dikenal akan prinsip perancangan gedung yang berkonsep “Form Follow Function” atau “Bentuk Mengikuti Fungsi”. Meskipun ia sempat mengkreditkan asal usul konsep itu pada seorang arsitek di jaman romawi kuno, tetapi sebenarnya dirinyalah yang sukses mempopulerkan istilah tersebut.

Louis pernah menemukan penghargaan AIA Gold Medal ditahun 1994, bahkan arsitek yang sangat terkenal di dunia lainnya semisal Frank Lloyd Wright pernah bekerja dibawah binaannya sekitar 6 tahun dan menunjukan bahwa ia mempunyai pengaruh yang lumayan besar.

5.        Zaha Hadid

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: architectmagazine.com

Inilah arsitek wanita yang sangat terkenal di dunia. Zaha Hadid bahkan menjadi pioneer di tahun 2004 sebagai perempuan satu-satunya yang memenangkan penghargaan Pritzker Prize sampai saat ini.

Karyanya yang sangat tersohor ialah sebuah gedung Pusat Seni Kontemporer Rosenthal di Cincinnati yang dilukiskan oleh New York Times sebagai gedung baru yang sangat penting di Amerika. Ia juga sukses merancang Abu Dhabi Performing Art Center dan Bee’ah Headquarters yang begitu megah dan monumental di UAE.

6.        Antoni Gaudi

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: Pinterest

Arsitek asal Spanyol ini dianggap sebagai orang yang menjadi Bapak Modernisme Catalunya. Antoni Gaudi sangat familiar dengan karakteristik rancangan yang terinspirasi dari alam. Karya-karyanya tidak sedikit menggunakan model kurva dari pada sekedar bentuk lurus sehingga menciptakan tampilan yang tampak klasik dan futuristik di waktu yang bersamaan. Kemudian dari sisi warna, Antoni Gaudi lebih cenderung pada pemakaian warna terang.

Hasil karya Gaudi sampai saat ini telah dikenal bahkan mendapatkan pengakuan oleh dunia. Bahkan 7 rancangan karyanya masuk ke dalam situs warisan dunia yang telah resmi dinyatakan oleh badan PBB UNESCO.

7.        Ludwig Mies van der Rohe

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: thefamouspeople.com

Arsitek selanjutnya ialah Ludwig Mies van der Rohe. Arsitek kelahiran Jerman tahun 1886 satu ini lebih akrab dipanggil dengan Mies. Ia adalah pioneer dari arsitektur modern bersamaan dengan dua arsitek ternama lainnya, yakni Walter Gropius dan Le Corbusier.

Ketiga sosok ini dinobatkan sebagai bapak arsitektur futuristik dan menjadi beberapa di antara arsitek yang sangat terkenal di dunia. Karyanya yang paling terkenal diantaranya yakni Barcelona Pavilion di Spanyol. Karyanya tersebut  identik dengan kesederhanaan dari segi bentuk dan penggunaan bahan istimewa layaknya marmer, onyx merah dan travertine.

8.        Richard Meier

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: The Architect Nespaper

Arsitek yang pernah menyabet penghargaan Pritzker Architecture Prize di tahun 1984 ini terkenal sebab desain geometrisnya dengan pemakaian warna putih yang mencolok. Sepanjang karirnya, Meier sudah mendesain sejumlah gedung ternama di dunia diantaranya yakni Barcelona Museum of Contemporary Art, Getty Center in Los Angeles, dan, The Hague City Hall.

9.        Ieoh Ming Pei

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: gohighbrow.com

Arsitek keturunan Tionghoa Amerika ini tidak jarang disebut sebagai master dari arsitektur modern. Desainnya dinamakan sebagai kelanjutan dari Gaya Internasional yang sebelumnya dipopulerkan oleh arsitek lainnya, yakni Le Corbusier.

Setiap hasil karya arsitek yang ramah akan senyumannya ini sungguh mengagumkan. Ia pun sukses memenangkan sejumlah penghargaan yang paling prestisius di bidang arsitektur, diantaranya Pritzker Prize di tahun 1983 dan AIA Gold Medal di tahun 1979.

10.   Frank Lloyd Wright

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: thoughtco.com

Sosok arsitek terkenal di dunia lainnya adalah Frank LIoyd Wright. Ia memulai kiprahnya pada tahun 1987 dan tidak jarang mengedepankan pengembangan bergaya arsitektur perorangan. Wright pun kerap memanfaatkan setting-an dan lingkungan pada rancangan yang ia ciptakan.

Merancang ruangan yang saling tersingkap dan mengalir satu sama lainnya. Bangunan yang ia rancang masuk kedalam di antara karya arsitektur yang sangat penting dalam 100 tahun terakhir.

11.   Frank Owen Gehry

Arsitek Terkenal di Dunia
Image: cathousebeds.com

Frank Owen Gehry ialah sosok arsitek kebangsaan Kanada yang dikenal di antara arsitek kontemporer paling dominan di dunia. Gara arsitektur yang dibuatnya bergaya khas dan modern. Di samping itu, Gehry pun sering mengekspresikan bentuk yang tidak biasa pada rancangannya yang terlihat monumental.

Salah satu karya yang sangat terkenal yaitu Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol yang memiliki format bangunan yang secara umum tampak radikal dan menggunakan lapisan titanium.

Itulah 11 arsitek terkenal di dunia hingga saat ini. Mereka sangat terkenal dan memiliki daftar penting dari hasil pembangunan yang ikonik, serta tak pernah berhenti menciptakan terobosan-terobosan baru dalam rancangan bangunan di dunia hingga tutup usia. Nah, mungkinkah konsep gedung-gedung apartemen di Jakarta mengikuti salah satu konsel dari 11 arsitek di atas? Jika ada, mungkin Jakarta bisa tampak jauh lebih menarik, bukan?

Source https://www.spacestock.com
Comments
Loading...