Mengenal Gaya Rustic yang Memberi Kesan Pedesaan di Dalam Rumah

0 50
Mengenal Gaya Rustic yang Memberi Kesan Pedesaan di Dalam Rumah

gaya rustic

Gaya rustic dalam desain rumah sering digambarkan sebagai gaya yang sederhana, kasar namun akan memberi kesan yang sangat indah. Gaya yang sering disebut dengan desain pedesaan ini merangkul estetika organik baik dalam penggunaan bahan-bahan alami, batu dan logam sebagai bahan furnitur maupun interior rumah. Menciptakan suasana yang menyerupai kesederhanaan dan keindahan yang ditemukan di dunia luar (alam) merupakan tantangan utama dalam pemilihan gaya rustic. Maka tak heran jika gaya ini akan memberi kesan kenyamanan dan kehangatan kepada penghuninya. Berikut ini prinsip-prinsip yang perlu ada dalam menciptakan gaya rustic di dalam rumah.

Memberi Kesan Alami

Kesan Alami

Penggunaan bahan alami merupakan salah satu ciri khas rumah yang menggunakan gaya rustic. Itu berarti membuat furnitur, langit-langit atau dinding akan banyak di penuhi dengan kayu dan batu. Tak hanya itu saja penggunaan goni dan kanvas akan menjadi pilihan dasar kain dalam penggunaan gaya ini. Karena inti dari gaya rustic ini yang dimana penggunaan elemen organik namun tetap dalam kondisi yang alami. Maka tak heran jika banyak furnitur yang akan dibiarkan terlihat sederhana, dan alami daripada terlihat mengkilap dan berwarna.

Penggunaan Palet Warna Natural

Palet Warna Natural

Untuk menghasilkan kesan yang alami seperti di pedesaan pastinya palet warna yang cocok ialah natural. Ketika bicara palet warna natural, pasti banyak orang yang berpikir warna cokelat dan krem. Namun sebenarnya palet warna natural juga mencakup nuansa hijau, biru, abu-abu dan juga merah. Selama warna tersebut tetap terikat dengan elemen-elemen lain dan menghasilkan estetika uang hangat dan bersahaja dengan interior di rumah.  Jika menggunakan warna tersebut terbukti menantang, warna putih dapat menjadi solusi teraman.

Furnitur Rustic Buatan Tangan

Sesuai dengan tema alami, furnitur pedesaan adalah buatan tangan. Ini umumnya sederhana dalam desain dan bentuk, membiarkan bahan menonjol sebagai gantinya. Mebel biasanya terlalu besar (minimalis bukan kata, di sini), dan dirancang untuk merasa nyaman, mudah, dan nyaman. Perabotan kayu berat, terbuat dari kayu mentah, papan, dan batu adalah umum.

furnitur gayaImage Source: onekindesign

Mebel pedesaan sering dibuat dari bahan daur ulang dan reklamasi yang memperkuat rasa repurposing. Tidak seperti furnitur kontemporer atau tradisional, gaya pedesaan tidak memiliki garis atau pola yang dapat diprediksi. Seringkali, batang pohon yang tidak dimurnikan membentuk meja dan bingkai tempat tidur, menawarkan nuansa kenyamanan yang otentik.

Tekstil dan Pola

Tekstil dan PolaImage Source : rainandpine

Rumah yang bergaya rustic sering dihiasi dengan furnitur dibuat sederhana dan tidak disempurnakan. Oleh karena itu furnitur dapat digabungkan dengan  berbagai tekstil yang kokoh dan juga beberapa pola. Beberapa tekstil yang berbeda sering ditempatkan berdampingan, sehingga ruangan akan terlihat kompleks namun tetap penuh gaya. Dengan menggunakan gaya ini dalam menghias ruangan lantai tidak membutuhkan sesuatu yang sangat mencolok. Menggunakan permadani yang berkelok-kelok atau kulit heran palsu dapat digunakan untuk menambahkan suasana nyaman dan hangat dalam ruangan.

Gaya Rustic Modern

Gaya Rustic ModernImage Source; decoist

Gaya ini juga dapat di gabungkan dengan gaya modern, elemen-elemen dalam gaya ini dapat di masukkan ke dalam gaya desain apapun asalkan dihitung dan diukur dengan baik. Namun dengan di gabungkan dengan gaya modern pastinya tidak akan menggunakan perabotan modern atau pencahayaan yang mencolok. Unsur-unsur sederhana dari gaya rustic dikombinasikan dengan desain modern yang bersih untuk estetika yang segar, ringan, dan membumi. Gaya rustic cenderung lebih berat, lebih gelap, dan lebih jarang, sehingga penggabungan dua gaya menghasilkan sesuatu yang terang dan terbuka, tetapi masih sangat alami.

Nah itulah informasi tentang gaya rustic yang dapat memberi kesan pedesaan di dalam rumah. Gaya ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah dengan rasa kehangatan dan kenyamanan yang sangat baik ! selamat mencobanya ~

Source https://jawaracorpo.com
Comments
Loading...