Mau Rumah Kecil Anda Terlihat Lebih Luas? Berikut Tips Memilih Lantai yang Tepat

0 6

Mau Rumah Kecil Anda Terlihat Lebih Luas? Berikut Tips Memilih Lantai yang Tepat

Ketika membangun rumah, lantai merupakan satu bagian penting yang tak boleh luput dari perhatian. Terlebih lagi untuk rumah dengan ukuran kecil, pemilihan desain dan material sera motif lantai pun harus bear-benar tepat agar kesan luas bisa didapatkan.

Benar sekali, dengan memperhitungkan beberapa hal, rumah Anda akan nampak lebih luas dan lapang. Nah berikut adalah beberapa tips memilih lantai yang tepat untuk rumah kecil.

1. Pilih Warna Terang

Satu hal yang akan sangat berpengaruh pada kesan luas yang didapatkan pada rumah adalah pemilihan warna lantai. Disini Anda bisa menggunakan warna terang untuk memaksimalkan pencahayaan pada rumah. Ya, dengan penggunaan warna terang pada lantai, cahaya yang masuk ke dalam rumah akan dipantulkan secara maksimal sehingga seluruh ruangan akan nampak lebih terang dan lapang.

Selain itu penggunaan warna terang pada rumah berukuran kecil juga akan memberikan kesan bersih dan nampak lebih rapi. Nah beberapa warna terang yang bisa Anda gunakan antara lain adalah putih, beige, dan silver.

2. Polos atau Motif Minimalis

Untuk beberapa jenis batu alam mungkin sudah memiliki tekstur dan motif tersediri, seperti marmer yang identik dengan motif abstrak halusnya. Warna dari motif batu marmer pun tidak begitu jelas sehingga tidak akan mengganggu meski diterapkan pada ruangan kecil.

Namun untuk lantai dengan material lain seperti keramik, sebaiknya gunakan keramik polos atau dengan motif minimalis saja. Pemilihan motif polos atau minimalis ini akan mengurangi efek dominan pada bagian lantai, sehingga ruangan tidak terasa penuh.

Beberapa motif yang perlu Anda hindari adalah motif berukuran besar dan dengan warna yang terlalu terang sehingga mampu mendominasi ruangan tersebut.

3. Hindari List Pinggir

Berbanding terbalik dengan ruangan berukuran besar yang cukup disarankan untuk menerapkan list pada setiap sudut tepi lantai. Untuk ruangan berukuran kecil sendiri Anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan list pada pinggir ruangan.

List pada lantai ini sebenarnya berfungsi untuk mempertegas Batasan ruangan, dan hal ini sangat tidak dibutuhkan pada hunian berukuran kecil. Sebab untuk rumah ataupun apartemen kecil, akan lebih baik jika menggunakan model open room yang menyatukan beberapa ruangan tanpa sekat permanen.

4. Pilih Ubin Berukuran Besar

Tips berikutnya adalah dengan memilih ubin atau material lantai lain dengan ukuran besar. Sebisa mungkin hindari penggunaan ubin/keramik atau batuan alam lain yang dibentuk dengan ukuran kecil. Mengapa demikian? Sebab untuk ubin berukuran kecil dan dengan garis yang begitu jelas akan menjadikan ruangan nampak semakin sempit.

Nantinya pemasangan ubin/keramik pun sebaiknya dengan jarak seminimalisir mungkin, sehingga sekat atau garis antara ubin satu dengan ubin lainnya tidak terlihat jelas.

4 tips memilih lantai di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hunian yang cantik dan nyaman. Namun tak berhenti pada pemilihan lantai yang tepat, untuk mendapatkan kesan luas dan nyaman pastinya seluruh bagian ruangan juga perlu diperhatikan dengan baik.

Pada dasarnya untuk pemilihan warna dan konsep cat dinding pun tak jauh berbeda dengan pemilihan lantai. Yang pertama yaitu lebih mengutamakan penggunaan warna terang untuk memberikan pantulan cahaya yang lebih maksimal. Kemudian minimalisir penggunaan motif besar dan dengan warna yang terlalu tajam.

Dengan penyesuaikan konsep yang tepat, nantinya pemilihan dan penataan furniture serta aksesoris ruangan juga akan lebih mudah dilakukan.

Source https://masalahapartemen.com
Comments
Loading...