Kriteria Bank Dalam Rangka Pendanaan Properti

0 157

Kriteria Bank Dalam Rangka Pendanaan Properti

Berikut Beberapa Kriteria Bank Yang Kita Pilih Dalam Rangka Pendanaan Properti

  1. Cari Bank terdekat dengan lokasi rumah

Lokasi Bank yang dekat akan memudahkan kita dalam berburu informasi dan bernegosiasi.

2. Bank dengan interaksi terbanyak dengan kita
Misalkan kita menabung dalam bank S, kita punya kartu kredit juga dari Bank S, maka ada baiknya kita menggunakan Bank ini juga dalam pendanaan properti kita, karena kita lebih memungkinkan untuk dikenal dan semestinya jauh lebih fleksibel dibanding kita belum dikenal sama sekali.

3. Bank yang direkomendasikan oleh pihak Broker ataupun Pengembang
Pada umumnya developer ataupun sudah banyak mengenal dengan Bank-bank tertentu, Bank rekomendasi ini tentunya mempunyai harga yang lebih baik, misal DP pendanaan bisa diangsur atau tingkat bungan yang lebih rendah.

4. Reputasi dan Kredibilitas Bank
Memilih Bank yang punya reputasi baik dan kredibel, merupakan hal utama bagi kita. Kita bisa menanyakan kepada masyarakat sekitar, Bank yang mana yang menurut mereka lebih kredibel dan lebih fleksibel dalam kebijakan pengucuran kreditnya.

5. Fleksibilitas Persyaratan
Selain reputasi, fleksibilitas persyaratan juga penting, secara teori semua pengajuan dana dari berbagai bank adalah sama, akan tetapi dalam prakteknya tiap-tiap Bank merespon dalam cara berbeda, tergantung seberapa dekat dan seberapa bagus kita dimata mereka.

6. Jaringan Pelayanan Bank yang luas dan Prima
Bank yang kita pilih harus memiliki pelayanan yang prima, sehingga dalam proses transaksi pendanaan berlangsung cepat dan tidak terkesan berbelit-belit.

7. Bunga
Kita sewajarnya patut untuk mempertanyakan berapa tingkatan bunga yang akan diberlakukan oleh Bank tersebut. Apakah tingkat bunga itu bersifat tetap (Fixed) atau Dinamis (Float). Suku bunga tetap artinya bunga yang akan kita bayarkan bersifat tetap, meskipun ada kenaikan atau penurunan tingkat suku bunga.
Suku bunga Float artinya bunga yang akan kita bayarkan nantinya akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga pasar.

Dengan informasi ini diharapkan kita akan lebih berhati-hati dan lebih tahu bagaimana kriteria-kriteria Bank yang layak untuk mendanai investasi kita nantinya.

Source http://inipropertiku.blogspot.com
Comments
Loading...