Kenali 11 Kriteria Developer yang Baik Sebelum Beli Produk Properti

0 125

Kenali 11 Kriteria Developer yang Baik Sebelum Beli Produk Properti

Anda berencana membeli properti berupa rumah atau apartemen? Sebuah rencana yang bagus, namun harus didukung oleh elemen-elemen yang berkualitas pula. Salah satu elemen penting yang harus Anda kuasai adalah mengenal kriteria developer yang baik dan mengutamakan kualitas pra maupun paska pembelian.

Kriteria Developer Properti yang Baik

Ada beberapa alasan kenapa kita harus tahu dulu siapa developer sebuah properti sebelum kita benar-benar tertarik membelinya. Kalau hanya berdasarkan promosi yang disebar oleh akun-akun sales, tentu saja semua terdengar manis. Namun dibalik itu semua itu, benarkah semua janji manis itu akan terwujud?

Jawabanya bisa iya, bisa juga tidak. Tergantung siapa developernya. Kalau developernya baik seperti kriteria di bawah ini, kemungkinan terwujud bisa 99 persen.

1. Jelas alamat fisik kantornya

Sebagai jaminan sekaligus proteksi keamanan uang yang akan Anda setorkan untuk pihak developer, maka Anda perlu tahu di mana alamat lengkapnya dan bila perlu Anda bisa datangi langsung.

Bukan hanya lokasi lahan properti saja yang perlu kita survei. Alamat fisik kantor developer pun perlu mendapat porsi perhatian yang sama. Minimal Anda bisa tahu secara pasti bagaimana kantornya. Jangan sampai setelah kita setorkan sejumlah biaya, ternyata alamat itu alamat palsu.

2. Memiliki visi dan misi yang jelas

Sebuah perusahaan atau jasa yang berorientasi bisnis atau money oriented, perlu membangun usahanya dengan jelas, baik itu visi maupun misi. Jangan sampai untuk kelanjutan usahanya sendiripun dia tidak paham apa tujuan utamanya.

Bagaimana menjalankan misi-misinya, atau bahkan sama sekali tidak memiliki visi dan misi. Bagaimana developer semacam itu akan mendeliverikan pelayanan yang maksimal terhadap para konsumennya?

Sejauh ini setidaknya ada dua kategori besar pengembang properti. Ada pengembang yang membangun hunian rumah atau apartemen dibuat dengan standar umum dan pelayanan umum.

Tetapi ada juga pengembang yang memiliki konsep mendalam dalam membangun hunian. Kelompok kedua ini punya visi yang jelas kemana produk propertinya akan dikembangkan.

3. Kepastian penyelesaian properti sampai akhir

Hal ini adalah suatu bentuk jaminan terhadap para konsumen. Pada saat Anda melakukan akad pembelian properti harus ada bukti tertulis hitam di atas putih bahwa pihak developer akan komitmen menyelesaikan proyek yang sedang ia kembangkan.

Seandainya ada satu dan lain hal yang tidak dapat terelakkan terjadi atau katakanlah itu sebagai force majeure maka ada imbalan atau kompensasi yang dapat diberikan kepada konsumen.

Poin tenteng seberapa kredibel dan bertanggung jawab pengembang dalam menyelesaikan proyek dapat Anda lihat di kalender konstruksi yang dibuat. Di sana Anda bisa lihat kapan peluncuran proyek, kapan rencana pembangunan, berapa unit yang dipasarkan, kapan serah terima dan lain sebagainya.

4. Track record yang bagus

Kriteria developer yang baik bisa dinilai dari apa yang sudah ia kerjakan. Developer biasanya telah berkali-kali mengerjakan proyek yang sama. Apabila ada catatan baik dalam perjalanan bisnisnya, maka developer tersebut bisa Anda jadikan kandidat developer untuk jenis properti yang baik.

5. Management yang baik

Bila sebuah perusahaan developer memiliki kriteria dengan sistem managerial yang tertata baik dan rapih, maka bisa jadi dia memang developer andalan yang dapat Anda jadikan tempat terbaik untuk membeli properti.

Sebaiknya teliti terlebih dahulu bagaimana sistem di perusahaan itu berjalan. Apakah para karyawannya tidak banyak melakukan demo, apakah para karyawannya merasa bangga dan bahagia bekerja di sana? Hal-hal seperti itu perlu menjadi bahan pertimbangan.

6. Memiliki rumah atau apartemen percontohan

Yang dimaksud di sini percontohan bukan hanya sekedar miniature tampilan site plan yang akan dijalankan developer., namun benar-benar rumah atau apartemen berbentuk fisik yang siap tinggal dan siap pakai.

Lihatlah bagaimana proses pembangunannya, apa saja material dasar yang mereka gunakan, apakah semua sesuai dengan apa yang tertera di brosur seperti yang merka janjikan?

7. Fasilitas apa saja yang menyertainya

Sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah properti sebaiknya cari tahu dulu jenis fasilitas apa yang dimiliki dan disediakan oleh pihak developer. Jangan sampai setelah Anda menempati rumah baru, ternyata tidak ada akses masuk ke rumah Anda.

Sehingga Anda harus merogoh uang dari kocek sendiri untuk mencor jalan ke arah rumah Anda. Atau apakah ada tempat peribadatan yang seharusnya ada di setiap perumahan untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat beragama? Jangan sampai lupa, hal ini juga menjadi yang terpenting.

Jangan sampai pada saat harus melaksanakan sholat Jumat Anda harus menerobos macetnya jalan raya karena perumahan Anda tidak menyediakan masjid.

8. Status lahan yang akan dibeli

Carilah status lahan yang akan didirikan bangunan. Apakah benar-benar sudah terbebas dari berbagai macam perkara? Tidak sedikit saat telah membeli rumah, ternyata datang pihak ketiga yang mengaku-ngaku sebagai pemilik lahan. Bisa runyam jadinya.

9. Kepastian serah terima hak perumahan

Dapatkan kepastian hukum kapan pihak developer memberikan dokumen yang telah menjadi milik kita. Jangan saat setelah membeli, dokumen dan surat-surat berharga lainya masih saja tidak dberikan kepada konsumen.

10. Pilih developer yang memiliki kerja sama dengan Bank resmi

Pastikan bahwa developer yang Anda tunjuk memiliki kerja sama dengan pihak bank resmi yang diakui oleh negara kita. Jangan sampai Anda kebingungan sendiri saat setelah menyetorkan uang, tenyata bank yang dipergunakan adalah bank abal-abal atau semacam lembaga keuangan bodong.

11. Pilih developer dengan kondisi keuangan yang stabil

Anda bisa melihat dari cara penyerahan surat menyurat dan biaya administrasi lainnya. Bila apa-apa menjadi tanggungan kita sebagai konsumen, sementara pihak developer benar-benar hanya modal dengkul, sebaiknya cari developer lain yang lebih bonafit karena siapa tahu memang developer tersebut dalam masa kolaps atau sekarat, tinggal tunggu waktu.

Saran yang cukup baik bila Anda benar-benar minim pengalaman soal kriteria developer yang baik adalah menghubungi agen real estate yang professional dan transparan. Sehingga Anda punya pertimbangan yang matang.

Source https://www.spacestock.com
Comments
Loading...