Hunian Nyaman dan Ideal untuk Keluarga

0 231

Hunian Nyaman dan Ideal untuk Keluarga

Rumah tipe 60 merupakan jenis rumah yang terbilang tidak besar namun juga tidak kecil. Dengan kata lain, rumah tipe 60 memiliki ukuran yang cukup ideal. Tipe 60 termasuk tipe rumah yang tergolong sedang dan sangat cocok untuk sebuah keluarga.

Sesuai namanya, rumah tipe 60 adalah rumah dengan luas sebesar 60 meter persegi. Meski begitu, ukuran tersebut tidak selalu pasti, sebab di beberapa kondisi, terdapat juga ukuran panjang dan lebar yang berbeda-beda. Selain 6×10 meter persegi, ukuran 8×7 meter persegi dan atau 6×12 meter persegi juga termasuk ke dalam rumah tipe 60.

Dengan perbedaan ukuran tersebut, Anda dapat memilih rumah tipe 60 dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika area di rumah tipe 60 masih dirasa belum memadai, Anda dapat merenovasinya menjadi dua lantai.

Untuk membangun rumah tipe 60 dengan gaya minimalis, diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan. Langkah pertama adalah dengan membuat denah terlebih dahulu. Buatlah daftar ruang-ruang apa saja yang dibutuhkan, kemudian buatlah denah berdasarkan ruang-ruang tersebut.

Setelah denah dibuat, Anda dapat melanjutkan untuk medesain tampilan eksterior/depan rumah atau lebih dikenal dengan fasad. Lalu lanjutkan ke desain interior, termasuk penataan perabotan dan pemasangan elemen dan unsur desain lainnya.

Untuk mendapatkan desain rumah tipe 60 yang nyaman dan ideal, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Denah Desain Rumah Tipe 60

1. Satu Lantai, 3 Kamar

desain rumah tipe 60

via inforumahjogja

Pada rumah tipe 60, Anda dapat memiliki hingga tiga kamar tidur, namun dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Untuk memiliki ukuran kamar tidur yang ideal dan nyaman, disarankan untuk merancangnya dengan 2 kamar tidur saja.

Pada desain denah lantai satu yang terdapat dua hingga tiga kamar, Anda dapat memiliki ruang dengan ukuran yang cukup nyaman dan leluasa. Selain kamar mandi dan dapur, Anda juga bisa memiliki ruang makan serta ruang tamu. Selain itu, area mencuci, halaman, teras serta sebuah car port juga bisa Anda miliki.

2. Dua Lantai, 4 Kamar

desain rumah tipe 60

via kreasirumah.net

Jika Anggota keluarga Anda bertambah, atau Anda membutuhkan kamar dan beberapa ruang tambahan, maka saatnya mengubahnya menjadi dua lantai. Untuk rumah tipe 60 dengan dua lantai, Anda akan mendapatkan fungsi area dan fungsi ruang yang maksimal.

Seperti tampak pada gambar, Anda dapat memiliki tiga hingga 4 kamar tidur. Selain itu, kamar Anda juga berpotensi memiliki kamar mandinya sendiri. Desain denah dua lantai juga tetap memungkinkan Anda untuk memiliki halaman serta area taman pada bagian depan maupun belakang rumah.

Fasad pada Desain Rumah Tipe 60

Untuk desain fasad rumah tipe 60, Anda dapat menggunakan gaya modern minimalis yang simpel namun elegan. Penggunaan warna monokrom bisa menjadi pilihan. Tambahkan tanaman hijau serta bebatuan alam untuk mendapatkan kesan natural.

Dapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari dengan banyak bukaan atau jendela di bagian depan. Penggunaan jendela dan dinding kaca juga akan membuat ruangan menjadi terang pada siang hari. Selain itu, jendela juga berfungsi sebagai ventilasi yang membuat sirkulasi di dalam rumah semakin lancar.

Ventilasi yang cukup akan membuat bagian dalam rumah terasa segar dan menyehatkan. Hadirkan minimal satu ventilasi pada setiap ruang untuk kesehatan dan kesegaran ruangan.

desain rumah tipe 60

desain fasad rumah tipe 60 satu lantai via desainrumahsd.com

desain rumah tipe 30

desain fasad rumah tipe 60 dua lantai via dijualrumah

Interior Desain Rumah Tipe 60

# Ruang Tamu & Ruang Keluarga

Untuk mendapatkan kesan modern pada interior ruang tamu, gunakanlah sofa berwarna putih atau warna lembut lainnya. Meja berbentuk kotak juga akan memberi kesan modern yang kuat. Gunakanlah warna karpet yang memiliki keselarasan dengan warna dinding dan sofa yang digunakan.

Tambahkan hiasan dinding di ruang tamu dengan memajang foto-foto dalam bingkai, kutipan inspiratif hingga jam berbentuk unik. Hiasan dinding dapat melahirkan kesan positif dari para tamu yang mengunjungi rumah Anda.

Anda juga dapat membuat desain ruang keluarga dengan gaya serupa. Cukup tambahkan televisi dan sofa tambahan yang nyaman sebagai pelengkap.

desain rumah tipe 60

via pinterest

2. Kamar Tidur

Dapatkan suasana yang nyaman di dalam ruang kamar tidur dengan desain modern minimalis yang simpel dan dinamis. Penggunaan lantai kayu vynil, akan melahirkan kesan hangat pada ruangan. Gunakan juga material kayu untuk meja, ranjang  dan pada beberapa elemen dekoratif semisal bingkai foto, untuk menciptakan suasana hangat dan menenangkan.

Untuk kesan luas, tambahkan cermin pada ruang. Anda dapat menghadirkan cermin berukuran besar yang dipasang pada pintu lemari. Dana jangan lupakan juga jendela sebagai ventilasi.

desain rumah tipe 60

Desain kamar modern minimalis Bapak Januar

Interior Desain Rumah Tipe 60 untuk Dapur & Ruang Makan

Desain ruang makan dan dapur sebenarnya dapat Anda buat dalam satu area tanpa penggunaan sekat. Bahkan Anda juga dapat membuat ruang keluarga yang berada berdekatan dengan ruang makan. Hal ini dilakukan untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan nyaman.

Ruang keluarga kerap menjadi area berkumpul seluruh anggota keluarga. Jika menempatkannya di dekat ruang makan, maka akan terasa semakin luas. Area ini sangat cocok sebagai tempat bertemu dan berkegiatan bersama seluruh anggota keluarga.

Untuk warna, Anda bisa menggunakan warna dinding yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun untuk kesan yang luas dan terang pada ruang sangat disarankan untuk menggunakan warna putih.

Pada bagian dapur, Anda dapat merancang sebuah kitchen island berbentuk yang dilengkapi bar stools. Selain island, Anda juga dapat merancang peninsula kitchen yang cantik untuk dapur berukuran lebih kecil di rumah tipe 60.

Source http://interiordesign.id
Comments
Loading...