Harga Upah Harian Tukang Bangunan Periode Bulan Juni 2019

0 33

Harga Upah Harian Tukang Bangunan Periode Bulan Juni 2019

Profesi tukang sangat dibutuhkan dalam proses pengerjaan bangunan, baik rumah tinggal maupun gedung lainnya. Upah tukang bangunan juga sangat bervariasi. Besarnya upah tukang ini juga sangat dipengaruhi oleh tingkat keahlian yang dimiliki serta tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas sehubungan dengan profesinya.

Namun harga upah tukang biasanya berbeda untuk tiap jenis pekerjaan. Upah tukang untuk pengerjaan proyek kontraktor umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan upah pekerjaan pembangunan rumah tinggal.

Berikut ini kami sajikan daftar biaya upah tukang harian berdasarkan profesi dan tingkat keahlian masing-masing tukang, yang dirangkum dari beberapa kota besar di Indonesia.

Harga Upah Harian Tukang Gali

Hal pertama yang dilakukan sebelum pekerjaan membangun rumah atau gedung adalah pembuatan pondasi. Disinilah peran tukang gali dalam melakukan penggalian sebelum pembuatan pondasi rumah atau gedung dilakukan. Berikut daftar biaya upah tukang gali tanah sesuai tingkatannya.

Spesifikasi Tukang Gali Satuan Harga (Rp.)
Mandor Tukang Gali Tanah orang/hari (8jam) 80.000,-
Kepala Tukang Gali Tanah orang/hari (8jam) 70.000,-
Tukang Gali Tanah orang/hari (8jam) 55.000,-

Harga Upah Harian Tukang Batu

Setelah prosess pekerjaan penggalian tanah untuk pondasi telah selesai dikerjakan oleh tukang gali, maka pekerjaan selanjutnya dilanjutkan oleh tukang batu untuk membuat pondasi, memasang batu bata, mengecor sloof, membuat dak beton dengan menggunakan campuran semen, pasir dan batu. Berikut besaran biaya upah tukang batu perhari sesuai dengan tingkat keahliannya.

Spesifikasi Tukang Batu
Satuan Harga (Rp.)
Kepala Tukang Batu Terampil orang/hari (8jam) 120.000,-
Tukang Batu orang/hari (8jam) 80.000,-
Tukang Batu Setengah Terampil orang/hari (8jam) 95.000,-
Pembantu Tukang orang/hari (8 jam) 70.000,-

Harga Upah Harian Tukang Besi

Setelah tukang batu mengerjakan pembuatan dak serta pengecoran, maka dibutuhkan komponen material untuk memberikan kekuatan pada bangunan yaitu pembesian. Dalam pembuatan konstruksi rumah, kolom, sloof serta dak adalah tugas utama dari seorang tukang besi dalam menyiapkan komponen tersebut. Berikut biaya upah tukang besi sesuai dengan tingkat keterampilannya.

Spesifikasi Tukang Besi
Satuan Harga (Rp.)
Kepala Tukang Besi orang/hari (8jam) 80.000,-
Tukang Besi Terampil orang/hari (8jam) 65.000,-
Tukang Besi Setengah Terampil orang/hari (8jam) 55.000,-

Harga Upah Harian Tukang Kayu

Sesuai profesinya tukang kayu berperan dalam pembuatan kerangka atap kayu, kuda-kuda, kusen, rangka pintu, daun pintu dan jendela dari sebuah rumah atau gedung. Tukang kayu dituntut terampil dalam mengerjakan bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu. Berikut biaya upah tukang kayu per hari sesuai tingkatannya.

Spesifikasi Tukang Kayu
Satuan Harga (Rp.)
Kepala Tukang Kayu Terampil orang/hari (8jam) 130.000,-
Tukang Kayu orang/hari (8jam) 100.000,-
Tukang Kayu Setengah Terampil orang/hari (8jam) 85.000,-

Harga Upah Harian Tukang cat

Tugas tukang cat adalah melakukan pengecatan terhadap bangunan yang telah selesai dibuat. Pekerjaan pengecatan ini biasanya meliputi pengecatan atap rumah, dinding rumah bagian dalam, dinding bagian luar, plafon dan sebagainya.  Berikut biaya upah tukang cat perhari sesuai tingkatannya.

Spesifikasi Tukang Cat
Satuan Harga (Rp.)
Kepala Tukang Cat orang/hari (8jam) 75.000,-
Tukang Cat Terampil orang/hari (8jam) 65.000,-
Tukang Cat Setengah Terampil orang/hari (8jam) 55.000,-

Semoga informasi tentang harga upah tukang harian ini dapat menambah referensi bagi Anda,  serta dapat dijadikan acuan untuk pembangunan rumah tinggal ataupun proyek konstruksi lainnya.

Source http://cekhargabahan.com
Comments
Loading...