Cara Tepat Menjaga Furniture Outdoor Lebih Awet dan Tahan Lama

Saat ini beberapa bentuk furniture tidak hanya disediakan untuk disimpan di dalam rumah saja, melainkan ada pula furniture yang memang disediakan untuk kepentingan outdoor. Selain berfungsi untuk membuat tampilan luar rumah menjadi lebih menarik, furniture outdoor ini juga mampu membuat pemiliknya merasa nyaman ketika menikmati suasana luar yang dimiliki olehnya.

Tidak jauh berbeda dengan jenis furniture indoor, untuk jenis furniture outdoor pun ternyata mereka memerlukan adanya bentuk perawatan khusus yang digunakan dalam menjaga furniture outdoor tersebut. Hal ini dilakukan agar furniture yang disimpan dibagian luar tersebut memiliki ketahanan yang jauh lebih lama dari seharusnya. Apalagi mengingat bahwa benda tersebut akan langsung berhubungan dengan sinar matahari  dan juga beberapa bentuk perubahan cuaca lainnya yang mana dapat mempengaruhi tampilan yang dimiliki olehnya, serta daya tahan yang dimilikinya itu sendiri. Karena itulah sebagai pemilik, Anda harus lebih memperhatikan bentuk penempatan serta perawatan yang dilakukan padanya.

Menjaga Furniture Outdoor

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli furniture tersebut perhatikanlah bentuk material yang digunakannnya. Jika material yang digunakan berasal dari bahan kayu, maka cari tau jenis kayu serta usia yang dimilikinya. Tanyakan pula mengenai bentuk finishing yang mana dapat menentukan daya tahan yang dimiliki oleh furniture tersebut. Setelah itu perhatikanlah bentuk penempatan yang tepat dalam menjaga furniture outdoor tersebut, sehingga daya tahan yang dimiliki olehnya pun akan jauh lebih tahan lama.

Meskipun furniture tersebut disebut sebagai furniture outdoor namun akan lebih baik jika Anda menempatkannya tidak di bawah matahari secara langsung, sehingga selain dapat menghindari cahaya panas, furniture tersebut juga dapat menghindari air hujan yang mungkin turun. Cara melindungi barang tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan penutup seperti halnya gajebo atau bahkan kanopi. Dengan menggunakan penutup selain furniture yang terjaga, Anda selaku pengguna pun akan lebih terlindungi.

Kemudian hal selanjutnya yang wajib untuk diperhatikan adalah bentuk pelapis dari furniture tersebut, pastikanlah ia selalu berada dalam keadaan yang bersih, sehinga warna yang dimiliki olehnya pun akan lebih terjaga  dan tidak memudar dengan mudah. beberapa bentuk perawatana yang bisa dilakukan diantaranya seperti pada furniture outdoor yang terbuat dari bahan kayu jati, maka sebaiknya Anda gunakan minyak jati dalam waktu tiga bulan sekali, namun jika bahan utama terbuat dari jenis kayu lain maka lakukanlah varnish. Sedangkan jika bahan dasar yang digunakan adalah logam maka cat ulang furniture tersebut agar bagian yang mengelupas tidak menjadi karat.

Hal terakhir yang juga bisa Anda lakukan dalam menjaga furniture outdoor yaitu dengan melakukan pemindahan letak jika cuaca yang terjadi memang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Namun pastikanlah untuk tidak memindahkan dalam posisi yang jauh agar lebih memudahkan Anda dalam mengembalikannya pada posisi semula. Kemudian pastikanlah untuk tidak meletakannya di tempat yang lembab, sehingga keawetan dari furniture outdoor tersebut pun dapat terjaga dengan lebih baik.