Cara Mudah Segarkan Rumah Hunian

Apakah Anda mendambakan sebuah rumah hunian yang sejuk dan terkesan alami? Jika ya, Anda dapat menggunakan elemen batu alam untuk diaplikasikan pada rumah Anda. Elemen batu tersebut dapat diaplikasikan untuk dinding atau lantai di rumah. Penggunaan batu tersebut sangat cocok diaplikasikan untuk desain eksterior maupun desain interior rumah.

Pasalnya batu tersebut dapat membuat rumah Anda terasa lebih dingin dan segar. Selain dapat memberikan kesan yang alami, batu tersebut juga akan membuat bangunan terlihat lebih kuat dan kokoh. Untuk bagian eksterior rumah, Anda dapat memasang batu – batu di bagian dinding pagar atau fasad bangunan.

Batu Alam

Sementara itu di dalam interior rumah, batu – batu tersebut dapat diletakkan di dalam kamar mandi maupun di sekitar tempat – tempat yang sekiranya cocok untuk bersantai dan beristirahat seperti di dinding ruang keluarga sebagai accent wall. Untuk mengaplikasikan material batu di rumah, ternyata ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tekstur, ukuran, dan pola untuk mengaplikasikan batu – batu tersebut. Karena material ini mempunyai pori – pori yang cenderung besar dan biasanya akan mudah terlepas bila ditempelkan secara langsung, maka sebaiknya sebelum mereka dipasang pada dinding, Anda dapat merendamnya lebih dulu di dalam air.

Hal ini bertujuan supaya perekat untuk menempelkan batu dapat lebih melekat dengan sempurna. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih jenis perekat yang sesuai. Ternyata penggunaan perekat juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan. Kuat atau tidaknya batu – batu melekat pada dinding sangat tergantung dari jenis semen yang Anda gunakan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda memilih jenis semen yang berkualitas dan memberikan daya rekat maksimal.

Batu Alam

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui perbedaan antara jenis batu alam yang akan dipilih untuk diterapkan di lantai dan batu yang akan diterapkan untuk dinding. Pasalnya batu – batu tersebut ternyata tidak boleh diaplikasikan secara sembarangan sesuka hati.

Batu yang biasanya digunakan di lantai pada umumnya juga dapat diaplikasikan pada bagian dinding. Sebaliknya, karena batu yang diterapkan di dinding ada yang memiliki tekstur kasar, maka tidak semua jenis batuan alam untuk dinding bisa diterapkan juga untuk lantai.

Oleh sebab itu pastikan bahwa batu alam yang akan digunakan aman untuk semua penghuni di rumah Anda. Saat ini jenis batuan alam yang dapat digunakan untuk rumah tersedia dalam banyak pilihan. Jadi pilihlah jenis batu yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk bagian fasad rumah, Anda dapat menggunakan batu andesit, Batuan yang satu ini memiliki warna yang indah dan tidak mudah pudar. Atau Anda juga dapat memadukan batuan alam dan elemen kayu untuk memperkuat kesan natural pada rumah hunian Anda.