Cara Cerdas dalam Mendetoks Rumah

0 60

Cara Cerdas dalam Mendetoks Rumah

Detoks adalah cara yang digunakan untuk menetralkan racun yang terdapat di dalam tubuh, namun selain dapat digunakan untuk bagian tubuh, cara ini juga bisa digunakan bagi rumah yang lebih dikenal dengan sebutan mendetoks rumah. Menurut pendiri Eleven-eleven wellness yaitu Dr Frank Lipman, ternyata polusi yang terdapat di dalam rumah itu jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan polusi yang terdapat di alam terbuka. Hal ini berkaitan dengan tersebarnya berbagai macam, bahan kimia di dalam rumah, bahkan beliau juga menyatakan bahwa terdapat sekitar 500 hingga 1000 bagian dari bahan kimia yang tidak dapat dilihat dari dalam rumah, namun bisa dirasakan. Beberapa bentuk zat kimia yang terdapat dalam ruangan rumah itu tadi biasanya bermula dari produk-produk pembersih yang berguna untuk membersihkan frurniture. Tidak hanya dari produk tersebut saja, bahkan polusi juga bisa ditimbulkan dari bahan perawatan tubuh yang Anda gunakan itu sendiri.

Mendetoks Rumah

Berada dalam dosis yang kecil tentunya hal tersebut tidak akan menimbulkan berbagai macam bentuk gangguan bagi penghuninya, namun jika hal ini dibiarkan begitu saja, sehingga dosis bertambah besar, maka bisa mengakibatkan dampak yang jauh lebih besar pula. Selain itu, hal ini juga ditentukan oleh tingkat toleransi tubuh serta daya tahan tubuh yang dimiliki oleh para penghuni rumah masing-masing. Karena rumah berada dalam kondisi yang terisolasi artinya di dalam ruangan, maka Anda perlu melakukan beberapa cara di bawha ini yang mana bisa membantu proses detoks untuk rumah yang Anda miliki, diantaranya :

Meletakkan sepatu di bagian luar rumah

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mendetoks rumah yaitu meletakkan  sepatu di luar rumah, sehingga kuman dari bagian alas kaki tidak bersermayam di dalam rumah. Namun jika Anda merasa kurang nyaman jika bertelanjang kaki di bagian dalam rumah, maka gunakanlah slipper atau sendal khusus yang memang diperuntukkan untuk penggunaan dalam rumah.

Membersihkan debu

Debu sangat penting untuk dibersihkan minimal hal ini dilakukan dalam waktu 1 minggu sekali, seperti dengan menyapu, mengepel lantai atau bahkan gunakan vacum cleaner untuk karpet yang Anda miliki.

Memaksimalkan fungsi ventilasi

Ventilasi juga sangat penting untuk diperhatikan, karena itulah sebaiknya Anda membiasakan diri untuk selalu membuka bagian pintu dan jendela sesering mungkin sehingga pertukaran udara pun lebih mudah dilakukan. Anda juga bisa menggunakan tanaman atau bahkan air cleaner di ruangan tertentu, terutama bagian kamar tidur.

Gunakan produk alami

Salah satu cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses detoks adalah dengan menggunakan bahan pembersih yang lebih alami, seperti halnya pembersih yang tidak disertai dengan toxic atau bahkan menggunakan cuka serta baking soda. Selain itu ubah pula bentuk bahan perawatan tubuh yang Anda gunakan dengan bahan yang bebas kimia.

Hindari tingkat kelembapan berlebih

Hal selanjutnya dalam mendetoks rumah adalah menjaga kelembapan dari bagian rumah. Pastikanlah untuk membuat rumah dalam keadaan kering dan tidak terlalu lembap, karena jika keadaan rumah berada dalam kondisi yang lembap, maka ia pun akan menimbulkan pertumbuhan dari lumut serta jamur yang menggangu, seperti halnya di area kamar mandi atau bahkan area untuk mencuci piring.

Source http://www.popeti.com
Comments
Loading...