9 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia

0 67

9 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Pembangunan infrastruktur di Indonesia semakin berkembang dengan cepat. Ditandai dari beberapa tahun belakangan, banyak pembangunan fasilitas umum lebih advanced demi memenuhi mobilitas masyarakat.

Adanya pembangunan infrastruktur ini tak lepas dari usaha dan karya para perusahaan kontraktor di Indonesia. Perusahaan kontaktor terbesar dan terbaik merupakan perusahaan yang memiliki pengalaman dan sertifikasi, serta bertanggungjawab penuh atas eksekusi rencana pembangunan yang berlangsung. Berikut beberapa kontraktor terbaik di Indonesia itu:

1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Perum Perumnas

Perusahaan kontraktor terbesar di Indonesia ini awalnya milik Belanda. Sebelumnya bernama asli “Architecten-Ingenicure-en Annemersbedrijf Associatie Selle en de Bruyn, Reyerse en de Vries N.V” atau disingkat (Associate N.V.). Perusahaan tersebut dinasionalisasikan pada 11 Maret 1960 dan berubah nama menjadi Perusahaan Negara (PN) Adhi Karya.

Selama rentang tahun 1960-an, pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan. PN Adhi Karya menjadi perusahaan yang turut berkontribusi.

Empat belas tahun kemudian, PN Adhi Karya berubah status menjadi Perseroan Terbatas (PT). Perubahan status ini disahkan Menteri Kehakiman RI pada 1 Juni 1974.

Melalui sepak terjangnya selama puluhan tahun, PT Adhi Karya akhirnya resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut pertama kali terdaftar pada tahun 2004 dengan kode listing saham ADHI.

Hingga kini, perusahaan kontraktor terbesar di Indonesia ini memiliki beberapa anak perusahaan, seperti Adhi Persada Beton, Adhi Persada Gedung, dan Adhi Persada Properti.

2. PT Amarta Karya (Persero)

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Kabar Berita

Sama halnya dengan PT Adhi Karya, PT Amarta Karya merupakan perusahaan kontraktor terbesar di Indonesia yang awalnya berasal dari Belanda.

Ditinjau dari sejarah, kedua perusahaan konstruksi N.V. Lindeteves Stokvis dan Fa. De Vri’es Robbie yang berbasis di Semarang, melakukan merger perusahaan. Merger tersebut melahirkan perusahaan baru, yakni N.V. Constructie Werk Plaatsen De Vri’es Robbe Lindeteves atau disingkat Robbe Linde & Co. Perusahaan merger itu bergerak inti di bidang usaha fabrikasi konstruksi baja.

Perusahaan Robbe Linde & Co akhirnya dinasionalisasi pada tahun 1962, berubah menjadi PN Amarta Karya. Sepuluh tahun kemudian, perusahaan tersebut transisi ke PT Amarta Karya pada tahun 1972.

Selama perkembangannya, perusahaan plat merah BUMN ini memperluas bidang usaha ke konstruksi bidang sipil, elektrikal, dan mekanikal.

3. PT Brantas Abipraya (Persero)

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Brantas Abipraya

Perusahaan kontraktor ini menangani proyek sipil dan lingkungan. Dimulai dari proyek induk pengembangan Sungai Brantas, PT Brantas Abipraya berkembang dan handal di bidang industri konstruksi.

Berkat pengelolaan konsisten, perusahaan ini memperluas bidang pekerjaan seperti pembangunan jalan dan jembatan, prasarana perhubungan laut dan udara, kelistrikan, bangunan gedung, properti, jalan tol, dan lain-lain. Dengan banyaknya kontribusi, akhirnya berkembang menjadi perusahaan General Contractor.

Perusahaan kontraktor ini memiliki anak perusahaan, yakni PT Brantas Energi yang terlibat dalam investasi energi terbarukan, dengan spesifikasi bidang hydro power. Selain itu, juga mendirikan pabrik beton di wilayah Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Sumatera Barat sebagai diversifikasi usaha dan pelayanan kebutuhan produk beton.

4. PT Hutama Karya (Persero)

Kontraktor Terbesar di Indonesia

(Image: Teknik Sipil)

Diawali dari perusahaan swasta “Hollandsche Beton Maatshappij” asal Belanda, pemerintah Indonesia melakukan nasionalisasi perusahaan tersebut pada tahun 1960-an. Dengan nama PN Hutama Karya, perusahaan kontraktor terbesar di Indonesia ini resmi disahkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) RI no. 61 tahun 1961, pada 29 Maret 1961.

Pada tahun tersebut, PN Hutama Karya berkarya melalui konstruksi bangunan bernilai sejarah dan monumental. Misal Gedung MPR/RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta.

Pada tahun 1970-an, PN Hutama Karya pertama kali mengenalkan sistem konstruksi “sistem prategang” BBRV dari Swiss, dengan teknologi beton pra-tekan. Adanya inovasi ini, PN Hutama Karya berkembang pesat dan berubah status menjadi PT Hutama Karya.

Dalam rentang tahun 1980-2016, perusahaan ini melakukan diversifikasi dan ekspansi usaha di luar negeri. Selain itu, juga membangun infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi, berupa jembatan bentang panjang seperti di Jembatan Ampera, Palembang. Tak lupa, juga melakukan pembangunan infrastruktur lain seperti gedung tinggi, jalan tol, dan properti.

Perusahaan plat merah naungan BUMN ini memiliki anak perusahaan, yakni PT Hutama Karya Infrastruktur, PT HK Realtindo, dan PT Hakaaston.

5. PT Leighton Contractors Indonesia

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: leightonasia.com

Perusahaan kontraktor swasta internasional asal Hong Kong, Cina ini menangani proyek-proyek arsitektur dan sipil. Didirikan pada tahun 1975, perusahaan dengan nama Leighton Asia juga beroperasi di Indonesia (masuk pada tahun 2000-an), India, Macau, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Irak.

Perusahaan kontraktor ini merupakan bagian dari Grup CIMIC Ltd. Perusahaan ini pernah mengerjakan proyek Reklamsi Tuen Mun di Hong Kong pada tahun 1970-an, pembangunan LRT di Hong Kong pada tahun 1980-an, proyek stasiun dan terowongan Tseung Kwan O di Hong Kong, proyek tambang batubara Ukhaa Khudag di Mongolia, dan sebagainya.

6. PT Nindya Karya (Persero)

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Nindya Karya

Diawali dari nama perusahaan N.V. Nederlands Aannemings Maastchappij (NEDAM) v/h Fa.H. Boersma, perusahaan asal Belanda yang berdiri pada tahun 1877 ini dinasionalisasikan pemerintah Indonesia pada tahun 1961.

NEDAM yang pernah berdiri sampai tahun 1958 pun, berubah nama menjadi PN Nindya Karya. Melalui PP No. 12 tahun 1969 mengenai perubahan Perusahaan Negara menjadi Persero, PN Nindya Karya bertransformasi menjadi PT Nindya karya.

Perusahaan BUMN ini bergerak di bidang usaha jasa konstruksi, engineering procurement construction (EPC), properti, dan investasi. Hasil karya konstruksi berupa pembangunan Hotel Horison Nindya di Semarang, Stadion Patriot Bekasi, dan lain-lain seperti bangunan industri dan EPC, bendungan dan irigasi, jalan layang dan jembatan, dan sebagainya.

Untuk mendukung prasarana pembangunan konstruksi, perusahaan ini mendirikan PT Nindya Beton sebagai diversifikasi bisnis di bidang beton pracetak.

7. PT PP (Persero) Tbk.

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Tribun News

Perusahaan kontraktor terbesar dan terbaik Indonesia, PT PP awalnya didirikan dengan nama N.V. Pembangunan Perumahan pada tahun 1953. Saat itu, perusahaan BUMN bidang konstruksi ini dipercaya membangun rumah untuk para petugas PT Semen Gresik Tbk.

Berkat profesionalitas, perusahaan ini membangun proyek besar yang berhubungan dengan kompensasi perang Pemerintah Jepang pada Indonesia, seperti Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, Ambarukmo Palace Hotel, dan Samudera Beach Hotel.

Pada tahun 1961, perusahaan ini berubah status menjadi PN Pembangunan Perumahan, dan disusul tahun 1971, berubah menjadi PT PP.

Terhitung dari tahun 1991-2016, PT PP melakukan banyak inovasi. Di antaranya menjadi pemain utama dalam bisnis konstruksi nasional, melakukan diversifikasi usaha di bidang properti dan realti, mendirikan anak perusahaan, resmi melantai di BEI dengan kode listing PTPP disertai investasinya, dan melakukan akuisisi terhadap beberapa perusahaan.

PT PP pun meraksasa, dengan anak perusahaan PT PP Properti, PT PP Infrastruktur, PT PP Energi, PT PP Urban, dan PT PP Presisi.

8. PT Total Bangun Persada Tbk.

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Total Bangun Persada

Perusahaan kontraktor dengan nama awal PT Tjahja Rimba Kentjana, didirikan pada 4 September 1970. Perusahaan yang bergerak di bidang bangunan dan konstruksi ini, kemudian mengalami restrukturisasi dan mengubah nama menjadi PT Total Bangun Persada pada tahun 1981.

Pada tahun 2006, perusahaan ini menjadi perusahaan publik dengan nama PT Total Bangun Persada Tbk dan resmi melantai di BEI dengan kode listing saham TOTL.

Dengan pengalaman hampir 40 tahun, perusahaan ini banyak menangani proyek-proyek arsitektur, sipil, mekanik, dan lingkungan. Dengan spesifikasi konstruksi gedung tinggi dan manajemen proyek, perusahaan ini banyak melahirkan karya di fasilitas umum, gedung kantor, rumah sakit, tempat ibadah, hotel, pusat perbelanjaan, kawasan industri, pemukiman bertingkat, dan pendidikan. Misalnya, JIEXPO Convention and Theatre, ICE BSD, Astra Tower, Kompas Tower, BRI BSD Tower Building, BSD Junction, dan lain-lain.

9. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Kontraktor Terbesar di Indonesia
Image: Belonomi

Perusahaan asal Belanda Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co. Atau N.V. Vis en Co., adalah cikal bakal perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia, Wijaya Karya (WIKA).

Pada tahun 1960, N.V. Vis en Co mengalami nasionalisasi dan berubah status menjadi PN Widjaja Karja, dengan kegiatan usaha instalasi listrik dan pipa air. Di tahun yang sama, PN Widjaja Karja turut berkontribusi dalam pembangunan GOR Bung Karno dalam rangka Asian Games ke-4 di Jakarta.

Pada tahun 1972, PN Widjaja Karja berubah menjadi PT Wijaya Karya, yang berekspansi menjadi perusahaan kontraktor dan konstruksi. Pada 1982, WIKA mengalami banyak pengembangan manajemen, juga sering terlibat proyek penting infrastruktur dari pemerintah. Hingga pada tahun 1997,  WIKA mendirikan anak perusahaan pertama, salah satunya PT WIKA Beton.

Selain PT WIKA Beton, anak perusahaan lainnya yaitu PT WIKA Industri Konstruksi, PT WIKA Bitumen, PT WIKA Gedung, PT WIKA Rekayasa Konstruksi, PT WIKA Realty, dan PT WIKA Serang Panimbang.

Seiring dengan perkembangannya, perusahaan plat merah WIKA berhasil resmi melakukan penawaran saham perdana di BEI pada 2007 dengan kode listing WIKA, dan tetap bertahan sampai kini.

Itulah 9 perusahaan kontraktor terbesar dan terbaik di Indonesia. Perusahaan kontraktor terbesar lain tentu masih banyak dan bahkan ada di listing saham BEI. Namun, perusahaan kontraktor terbesar di atas terpilih karena familiar di masyarakat dan bersejarah.

Source https://www.spacestock.com
Comments
Loading...