60 Desain Kabinet Dapur Cantik Yang Cocok Untuk Rumah Anda

0 48

Kabinet dapur merupakan suatu bagian dari rangkaian kitchen set yang anda punya di rumah anda dan digunakan untuk tempat menyimpan bumbu – bumbu dapur, piring, gelas, alat memasak lainnya yang dapat membantu aktivitas anda selama anda berada di dapur.

Kabinet dapur terkadang menjadi sorotan dari suatu kitchen set karena bagian ini merupakan bagian yang terpenting dari kitchen set dan kabinet ini merupakan juga salah satu inti dari suatu kitchen set yang anda miliki di rumah.

60 Desain Kabinet Dapur Cantik Yang Cocok Untuk Rumah Anda

Kabinet ini memiliki berbagai macam jenis nya yaitu seperti kabinet terbuka maupun kabinet tertutup yang dapat anda gunakan sesuai dengan desain dan gaya seperti apa yang anda inginkan dan sesuaikan juga terhadap luas dari ruangan yang akan digunakan tersebut.

Kelebihan Kabinet Dapur Dari Bahan Dasarnya

Kabinet pada dapur ini dapat terbuat dari apa saja yang mempunyai bahan dasar yang kuat yang dapat menampung barang – barang yang berada di dapur. Jika anda ingin membeli kabinet anda harus kenali terlebih dahulu kabinet tersebut berbahan dasar apa dan kelebihan dari bahan dasar kabinet itu yaitu :

Gambar Kabinet DapurGambar Kabinet Dapur

Kabinet Dapur Eco-Friendly

Kabinet dapur tipe ini yaitu terbuat dari suatu particle board dan menggunakan urea-formaldehid saat di dalam proses pada pembuatannya. Pada kabinet yang berada di dapur anda dengan bahan ini ternyata merupakan sangat berbahaya untuk kesehatan dari orang yang berada di rumah tersebut.

Resistensi dari kabinet ini terhadap air dengan ditambah dari panas dari masakan yang dibuat tersebut dapat memicu suatu reaksi balik dan juga melepaskan suatu monomer yang dalam hal ini belum sempurna.

Monomer pada proses ini merupakan yang bertugas menyebarkan racun yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Jika anda ingin menggunakan kabinet berbahan dasar ini harus anda pertimbangkan dengan sangat matang.

Namun, pada kabinet jenis ini memiliki suatu kelebihan yaitu dapat mengurangi tingkat zat dari kanbon dioksida yang berada di dapur anda dan untuk perawatnnya anda dapat membersihkan dengan rutin seminggu cukup sekali dengan menggunakan kain lembab.

Model Kabinet Dapur Terbaru

Model Kabinet Dapur Terbaru

Model Kabinet Dapur Modern

Model Kabinet Dapur Modern

Kabinet Dapur Kayu

Kabinet dapur yang menggunakan bahan dasar kayu inilah yang banyak digunakan oleh masyarakat pada dapurnya. Karena kayu ini dianggap sebagai bahan yang tahan lama jika dibuat kabinet.

Pada kabinet yang terbuat dari bahan kayu ini memiliki kelebihan yaitu jika kabinet kayu ini mengalami goresan dapat diperbaiki dengan cara yang sangat mudah. Caranya yaitu dengan mengecat pada bagian yang terkena goresan menggunakan warna yang senada.

Hal ini dilakukan untuk sebagai upaya dalam mengembalikan tampilan seperti semula pada kabinet yang berada di dapur tersebut. Kemudian, untuk perawatannya yang dapat dilakukan yaitu jika terdapat noda dapat dihilangkan dengan cara yaitu di lap pada bagian yang terdapat noda dengan menggunakan cairan pada sabun cuci dan juga air hangat.

Dengan cara perawatan kabinet dengan bahan kayu ini sangat mudah dilakukan membuat kabinet dengan bahan kayu ini sangat digemari dan sangat dicari saat akan mempunyai kitchen set sebagai kebutuhan pada hidup anda.

Pada kabinet kayu ini jika ingin memiliki tampilan yang sederhana maka model kayu pada kabinet ini dapat berbentuk polos saja dengan di dukung warna – warna yang apik dalam pengaplikasiannya.

Namun, jika anda ingin kabinet dengan bahan dasar kayu ini ingin mempunyai tampilan yang mewah anda dapat mengatasinya dengan mengukir kayu kabinet tersebut sehingga akan memberikan kesan elegan dan juga menarik.

Desain Kabinet Dapur Yang Bagus

Desain Kabinet Dapur Yang Bagus

Desain Kabinet Dapur Rumah Kayu

Desain Kabinet Dapur Rumah Kayu

Lihat Juga : Model Lemari Dapur Kayu

Desain Kabinet Dapur Kayu Jati

Desain Kabinet Dapur Kayu Jati

Desain Kabinet Dapur Kayu Palet

Desain Kabinet Dapur Kayu Palet

Tips Merawat Kabinet Dapur ( Kitchen Set ) Agar Tetap Bersih Dan Awet

Merawat kabinet dapur ( kitchen set ) memang akan menguras banyak tenaga. Terlebih jika anda memiliki desain dapur basah dan dapur kering. Perawatan model dapur basah dan dapur kering tentu berbeda, sebab bahan material pembuatannya pun juga berbeda. Apalagi kini terdapat beragam jenis bahan material yang digunakan untuk membuat kabinet dapur ( kitchen set ). Apalagi ditambah dengan masalah finishing yang digunakan.

Setiap bahan material yang digunakan pastinya memiliki treatment yang berbeda-beda. Maka dari itu pemilihan bahan material yang tepat tentu harus dipertimbangkan dengan matang. Untuk model dapur basah, biasanya memiliki bentuk lebih terbuka dan peralatan dapur yang digunakan pun berukuran besar. Tentu kegiatan memasak di dapur juga akan lebih besar dan lama.

Sedangkan untuk model dapur kering biasanya dipakai untuk aktivitas di ruangan dapur yang ringan dan simple dan tidak membutuhkan banyak alat berukuran besar dan berat. Jenis model dapur yang satu ini juga berpengaruh pada harga kabinet dapur sederhana yang ada di pasaran. Semakin rumit desainnya dan semakin berkualitas bahan materialnya tentunya harga yang dibanderol semakin mahal.

Nah, dibawah ini terdapat informasi bagaimana cara merawat kitchen set atau kabinet dapur yang baik supaya tetap bersih, terawat, dan awet. Simak baik-baik ya !

Contoh Desain Kabinet Dapur Buatan Sendiri

Contoh Desain Kabinet Dapur Buatan Sendiri

Contoh Desain Kabinet Dapur Kecil

Contoh Desain Kabinet Dapur Kecil

Jangan Lupa Untuk Selalu Bersihkan Dapur Setelah Melakukan Aktivitas Memasak Di Dapur

Jangan sampai menunda untuk membersihkan ruangan dapur. Jika sudah selesai memasak di dapur, segera bersihkan dapur Anda. Apalagi bagi anda yang menggunakan dapur untuk kegiatan yang berat seperti memasak makanan yang berminyak.

Kotoran yang tertinggal dari aktivitas memasak pasti akan menempel pada dinding kabinet serta peralatan dapur lainnya.

Maka dari itu, harus langsung dibersihkan supaya nantinya kotaran yang menempel tidak membandel. Bersihkan kabinet dan peralatan dapur dengan pembersih yang aman dan khusus untuk material kitchen set anda. Sehingga kitchen set anda selalu bersih, cantik, dan tahan lama tentunya. Jadi, jangan selalu menunda-nunda untuk membersihkan dapur setelah selesai digunakan.

Contoh Design Kabinet Dapur Moden

Contoh Design Kabinet Dapur Moden

Selalu Perhatikan Sirkulasi Udara Di Dalam Ruangan Dapur

Ketika anda memasak, pasti ada banyak sekali asap yang keluar. Jika anda tidak selalu memperhatikan sirkulasi udara yang ada di ruangan dapur maka akan membuat ruangan dapur menjadi pengap dan berapa dan tentu hal tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Jika di dalam ruangan dapur anda tidak memiliki jendela atau ventilasi udara, maka anda bisa memilih kitchen set yang mempunyai alat filtering asap. Sehingga asap yang dihasilkan dari dapur bisa bertukar dengan udara segar dari luar ruangan. Selain membuat ruangan dapur menjadi lebih nyaman hal ini dilakukan untuk membuat kesehatan penghuni rumah juga tetap terjaga dengan baik saat memasak makanan.

Contoh Desain Kabinet Dapur Terbaru

Contoh Desain Kabinet Dapur Terbaru

Jangan Lupa Perhatikan Juga Saluran Air Di Ruangan Dapur

Selain memperhatikan sirkulasi udara yang masuk ke area dapur, anda juga harus memperhatikan saluran air yang ada di dapur. Di dalam dapur tentu sangat erat kaitannya dengan yang namannya tempat pembuangan. Air akan terus menerus mengalir dari area dapur, maka dari itu penting bagi anda untuk memastikan bahwa saluran airnya lancar dan tidak mampet. Selain itu, pastikan saluran air tidak bocor. Biasanya saluran air bagian dalam di dekat dinding sering mengalami kebocoran karena dimakan tikus.

Untuk bagian wastafel dapur sebaiknya diberi saringan agar saat mencuci perabot dapur dan piring tidak ada kotoran yang menyumbat. Jika ada bagian saluran air yang tersumbat tidak hanya menggangu saluran air dapur saja tetapi juga seluruh saluran air di rumah anda.

Desain Desain Kabinet Dapur Lurus

Desain Desain Kabinet Dapur Lurus

Tata Peralatan Dapur Dengan Rapi

Untuk membuat ruangan dapur anda tetap terlihat cantik, rapi, dan bersih, tata semua kitchen set anda dengan rapi dan tertata. Pisahkan storage sesuai dengan jenis alat dan fungsinya. Misalkan pisahkan piring dan gelas dengan alat memasak, oven, microwave dan lainnya.

Untuk barang pecah pisahkan dan pastikan jauh dari jangkauan anak-anak. Untuk alat dapur yang sering digunakan sebaiknya letakka pada bagian yang bisa dengan mudah anda jangkau saat akan memakainya dan peralatan dapur yang jarang digunakan bisa di simpan di lemari dapur khusus, jadi nantinya anda tidak merasa bingung saat mencari alat dapur yang biasa anda gunakan.

Desain Kabinet Dapur 2019

Desain Kabinet Dapur 2019

Gunakan Alat Tambahan Untuk Membuat Kitchen Set Tetap Terjaga Kebersihannya

Menggunakan alat tambahan untuk membuat kitchen set tetap terjaga kebersihannya memang penting, namun itu semua kembali kepada pilihan anda nantinya, meskipun ini akan menambah harga kitchen set sederhana dan anda harus memiliki budget lebih. Seperti contohnya anda menambahkan exhaust fan yang dipasang di atas kompor ( cooker hood ).

Cooker hood ini mampu menyerap semua kotoran dan juga asap yang dikeluarkan saat memasak, sehingga tidak akan merusak kabinet dapur bagian atas.

Desain Kabinet Dapur Cantik

Desain Kabinet Dapur Cantik

Pastikan Dapur Selalu Tetap Kering dan Bersih

Perawatan kitchen set tentu berbeda dengan perawatan dapur konvensional. Agar kitchen set di dapur rumah anda tetap awet, anda harus selalu menjaga dapur rumah tetap bersih dan kering. Sebaiknya selesai memasak, langsung buang sampah ke tempat sampah. Alat-alat dapur yang digunakan harus segera dibersihkan, kemudian dikeringkan terlebih dahulu untuk kemudian di simpan kembali di tempatnya.

Pada area kitchen sink atau tempat memasak, pastikan bersih dari kotoran, bumbu, minyak atau bekas makanan yang tersisa. Bersihkan semua bagian kitchen set sampai benar-benar bersih. Jika masih ada kotoran atau minyak yang tersisa, akan cepat rusak karena akan lebih mudah terkena serangan semut, tikus, kecoa apalagi jika dapur anda sudah terkesan serangan rayap.

Desain Kabinet Dapur Elegan

Desain Kabinet Dapur Elegan

Pilih Bahan Kitchen Set Yang Dikeringkan Pada Temperatur Yang Tinggi

ketika membeli kitchen set atau kabinet dapur, anda jangan selalu terpaku pada harga kitchen set nya saja, tetapi pilihlah kitchen set dengan bahan yang sudah melalui tahap pengeringan pada suhu atau temperatur yang tinggi. Bahan kitchen set yang sudah dikeringkan ini mempunyai ketahanan yang bagus sehingga tidak mudah terjadi pelapukan atau penyusutan. Selain itu, jenis bahan ini anti dari serangan rayap maupun serangga. Sehingga dapur rumah anda akan selalu tetap bersih.

Hal yang harus anda ingat, jika anda memilih bahan kitchen set yang salah lalu dikemudian hari terdapat bagian kitchen yang rusak. Maka akan sangat sulit untuk mengganti bahannya, dan anda harus mengganti kitchen set tersebut secara keseluruhan. Dan itu artinya anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi. Maka dari itu, pilihlah bahan dengan teliti yang bagus dan mempunyai ketahanan yang lebih baik.

Desain Kabinet Dapur Cantik dan Modern

Desain Kabinet Dapur Aluminium

Desain Kabinet Dapur Aluminium

Desain Kabinet Dapur Bawah

Desain Kabinet Dapur Bawah

Desain Kabinet Dapur Besi

Desain Kabinet Dapur Besi

Desain Kabinet Dapur Atas

Desain Kabinet Dapur Atas

Desain Kabinet Dapur Buatan Sendiri

Desain Kabinet Dapur Buatan Sendiri

Desain Kabinet Dapur Cermin

Desain Kabinet Dapur Cermin

Desain Kabinet Dapur Gantung

Desain Kabinet Dapur Gantung

Desain Kabinet Dapur Gaya Klasik

Desain Kabinet Dapur Gaya Klasik

Desain Kabinet Dapur Hijau Hitam

Desain Kabinet Dapur Hijau Hitam

Desain Kabinet Dapur Hijau Putih

Desain Kabinet Dapur Hijau Putih

Desain Kabinet Dapur Hijau

Desain Kabinet Dapur Hijau

Desain Kabinet Dapur Glossy

Desain Kabinet Dapur Glossy

Desain Kabinet Dapur Hitam Merah

Desain Kabinet Dapur Hitam Merah

Desain Kabinet Dapur Hitam Putih

Desain Kabinet Dapur Hitam Putih

Desain Kabinet Dapur Hitam

Desain Kabinet Dapur Hitam

Desain Kabinet Dapur Ikea

Desain Kabinet Dapur Ikea

Desain Kabinet Dapur Kaca

Desain Kabinet Dapur Kaca

Desain Kabinet Dapur Kecil Modern

Desain Kabinet Dapur Kecil Modern

Desain Kabinet Dapur Kecil

Desain Kabinet Dapur Kecil

Desain Kabinet Dapur Klasik

Desain Kabinet Dapur Klasik

Desain Kabinet Dapur Laci

Desain Kabinet Dapur Laci

Desain Kabinet Dapur Minimalis

Desain Kabinet Dapur Minimalis

Desain Kabinet Dapur Modern Minimalis

Desain Kabinet Dapur Modern Minimalis

Desain Kabinet Dapur Murah

Desain Kabinet Dapur Murah

Desain Kabinet Dapur Quartz Stone

Desain Kabinet Dapur Quartz Stone

Desain Kabinet Dapur Ruang Kecil

Desain Kabinet Dapur Ruang Kecil

Desain Kabinet Dapur Ruang Sempit

Desain Kabinet Dapur Ruang Sempit

Desain Kabinet Dapur Rumah Minimalis

Desain Kabinet Dapur Rumah Minimalis

Desain Kabinet Dapur Sederhana

Desain Kabinet Dapur Sederhana

Desain Kabinet Dapur Sempit

Desain Kabinet Dapur Sempit

Desain Kabinet Dapur Simple Dan Murah

Desain Kabinet Dapur Simple Dan Murah

Desain Kabinet Dapur Simple

Desain Kabinet Dapur Simple

Desain Kabinet Dapur Sink

Desain Kabinet Dapur Sink

Desain Kabinet Dapur Stainless Steel

Desain Kabinet Dapur Stainless Steel

Desain Kabinet Dapur Sudut

Desain Kabinet Dapur Sudut

Desain Kabinet Dapur Terbaru

Desain Kabinet Dapur Terbaru

Desain Kabinet Dapur Terbuka

Desain Kabinet Dapur Terbuka

Desain Kabinet Dapur Untuk Apartemen

Desain Kabinet Dapur Untuk Apartemen

Desain Kabinet Dapur Untuk Ruang Kecil

Desain Kabinet Dapur Untuk Ruang Kecil

Desain Kabinet Dapur Untuk Ruang Sempit

Desain Kabinet Dapur Untuk Ruang Sempit

Desain Kabinet Dapur Warna Merah

Desain Kabinet Dapur Warna Merah

Desain Kabinet Dapur Yang Simple Dan Cantik

Desain Kabinet Dapur Yang Simple Dan Cantik

Desain Kabinet Untuk Dapur Kecil

Desain Kabinet Untuk Dapur Kecil

Model Kabinet Dapur Modern

Model Kabinet Dapur Modern

Model Kabinet Dapur Terbaru

Model Kabinet Dapur Terbaru

Gambar Desain Kabinet Dapur

Gambar Desain Kabinet Dapur

Sebisa mungkin buatlah suasana dapur rumah anda menjadi lebih menyenangkan dan nyaman. Aktifitas memasak tentu akan lebih menyenangkan jika dapur anda terlihat tertata rapi dan bersih. Untuk masalah harga kabinet dapur sendiri, anda bisa cek harganya sesuai dengan jenis bahan material yang anda inginkan. Semoga bermanfaat

Source https://rumahpedia.info
Comments
Loading...