20 Contoh Desain Rumah Pohon Unik Terbaru

0 87

Rumah Pohon atau TreeHouse merupakan salah satu desain rumah yang unik, di berbagai belahan banyak rumah pohon yang telah dibuat dengan menggunakan desain yang unik dan kreatif. Bagaiamana di Indonesia? Di indonesia tentu juga ada rumah pohon yang tidak kalah unik dan kreatif. Banyak suku di pedalaman Indonesia yang menggunakan rumah pohon, karena banyak suku pedalaman yang nomaden atau tinggal berpindah- pindah tempat.

20 Contoh Desain Rumah Pohon Unik Terbaru

Tinggal ditengah hutan, untuk menghindari hewan buas yang mengancam keselamatan, mereka membuat rumah rumah tinggal di pohon. Rumah pohon yang alami, tentu saja dengan memanfaatkan material seadanya. Tidak kalah dengan rumah pohon yang ada di luar negara tentunya. Karena desainya yang unik dan menarik, banyak orang ingin memiliki rumah pohonnya sendiri.

Sebagai hiasan taman dirumah, atau di daerah wisata yang sekaligus bisa dijadikan investasi jangka penjang tentunya. Berada di dalam rumah pohon, tentu sensasinya berbeda dengan berada dirumah tinggal biasa. Desain rumah pohon dapat dimodifikasi sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil rumah yang sesuai dengan keinginan kita.

Contoh Gambar Desain Rumah Pohon Unik Terbaru:

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika ingin memiliki rumah pohon sebagai berikut.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Rumah Pohon Unik:

1. Memilih pohon

Memilih pohon yang tepat sebagai pondasi dalam membuat desain rumah pohon merupakan dasar sekaligus langkah pertama dalam membuat desain rumah pohon unik. Kita dapat memilih pohon dengan usia sedang, tidak terlalu tua atau tidak terlalu muda. Perhatikan ukuran pohon, kekuatan pohon yang akan kita jadikan pondasi, jika kita ragu dapat memilih sendiri pohon nya dapat meminta bantuan ahli pohon atau jasa konsultan rumah.

2. Mengatur ketinggian

Mengatur ketinggian rumah pohon yang akan kita buat, juga berhubungan dengan kekuatan pohon pondasi pada langkah awal. Sesuaikan pula dengan tujuan awal kita membuat rumah pohon, serta konsep yang telah kita pilih dalam membuat rumah pohon.

3. Material rumah pohon

Kebanyakan rumah pohon, menggunakan material kayu atau bambu. Selain tidak terlalu berat, menggunakan material bambu atau kayu juga dapat memberikan nuansa alam yang hangat dan lebih natural. Sebenarnya membuat desian rumah pohon unik ini tidak jauh berbeda dengan mendesain rumah lainya. Namun memang membutuhkan perhitungan dan ketelitian yang lebih banyak. Melihat banyaknya resiko membangun rumah pohon jika kita tidak teliti tentu akan merugikan kita juga.

4. Hiasan Rumah Pohon

Hiasan rumah pohon ini, mulai dari akses menuju rumah pohon dapat berupa tangga sederhana atau ingin membuat jembatan gantung berbahan kayu di desain menanjak untuk menuju rumah pohon unik kita, atau menggunakan desain lain sesuai kreatifitas kita tentunya. Menggunakan atap tradisional dari tanah liat atau dapat menggunakan atap kayu yang ditutup dengan welit juga bisa menjadi pilihan kita untuk mendesain rooftop rumah pohon unik kita.

5. Pencahayaan dan ventilasi

Untuk ventilasi, kita dapat membuat jendela berbahan kayu pula untuk menambah nuansa rumah pohon kita, atau bisa juga menggunakan bahan yang lain sesuai keinginan kita. Pencahayaan pada malam hari, menggunakan lampu temaram di luar rumah atau disekitar rumah tentu dapat mendukung nuansa lembut dan hangat rumah pohon kita. Dapat juga menggunakan desain lampu taman berdiri pada beberapa titik yang kita pilih sesuai dengan keinginan kita.

Demikianlah beberapa tips yang harus kita perhatikan dalam membuat desain rumah pohon yang unik. Perhatikan tahap demi tahap di atas dengan teliti, agar rumah pohon unik yang kita inginkan dapat terealisasi dengan baik. Selamat mencoba.

Source https://www.designrumah.co.id
Comments
Loading...