12 Hal Yang Membuktikan Rumah Anda Tahan Gempa

0 39

12 Hal Yang Membuktikan Rumah Anda Tahan Gempa

Apakah rumah anda akan hancur jika terjadi gempa? Apakah rumah anda rumah tahan gempa? Alat baru ini memungkinkan anda untuk mengetahuinya.

Diluncurkan oleh Institut Volkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), “Seberapa Aman Rumahku? Cek sendiri untuk keamanan terhadap gempa bumi” adalah 12 poin kuesioner pemilik rumah dapat digunakan untuk menilai kesiapan rumah mereka terhadap gempa.

Daftar ini dirancang untuk beton blok berongga (CHB) rumah, salah satu jenis yang paling umum di rumah Filipina karena biaya konstruksi yang murah. Lihat dokumen lengkapnya disini.

Fitur yang direkomendasikan oleh daftar didasarkan oleh National Building Code dan Structural Code of the Philippines. Mereka diuji oleh percobaan goncangan meja skala penuh yang dilakukan oleh Filipina dan ahli dari Jepang.

Phivolcs berencana untuk meluncurkan versi untuk rumah kayu serta program simulasi komputer untuk memungkinkan ilmuwan dan arsitek untuk menguji kesiapan gempa dari desain mereka menggunakan software khusus.

Berikut 12 Hal yang membuktikan rumah anda tahan gempa

20140219-phivolcs-earthquake-safety-0120140219-phivolcs-earthquake-safety-0220140219-phivolcs-earthquake-safety-0320140219-phivolcs-earthquake-safety-04

Semakin tinggi total skor, maka semakin tahan gempa rumah tersebut.

  • 11-12 : Meskipun tampaknya aman untuk saat ini, tapi silahkan berkonsultasi dengan para ahli untuk informasi lebih lanjut.
  • 8-10 : Ini memerlukan penguatan, silahkan berkonsultasi dengan para ahli.
  • 0-7 : Ini Bahaya! Silahkan berkonsultasi dengan para ahli segera.

Fitur-fitur

Sebuah rumah anti gempa adalah rumah yang tidak akan runtuh meskipun menghadapi gempa dengan intensitas skala 9, kata Direktur Phivolcs Renato Solidum.

Jadi apa yang membuat rumah jadi rumah anti gempa?

Sebuah rumah yang dirancang oleh seorang insinyur sipil atau arsitek dan bukan tukang batu atau tukang kayu memiliki kesempatan lebih tinggi untuk tidak runtuh karena ahli diharapkan untuk mengikuti Building Code dan Structural Code.

Sebuah rumah yang dibangun pada tahun 1992 atau setelahnya juga lebih siap menghadapi gempa karena itu adalah tahun setelah standar rumah anti gempa di perkenalkan ke kode.

Sebuah rumah biasa berbentuk simetris, persegi panjang, kotak juga lebih stabil dari pada rumah yang berbentuk tidak teratur.

Bentuk rumah mempengaruhi perilaku bangunan selama tanah bergetar. Jika rumah tidak teratur, rumah akan memutar dan berbagai bagian akan bergerak dalam berbagai cara, jadi itu tidak bagus, “jelas Solidum.

anti-gempa

Bahan-bahan dari bangunan juga menentukan kekuatan dari rumah. Dinding terbuat dari blok beton bertebal 6 inch (150mm) lebih kuat dari harga yang lebih murah tapi umumnya orang-orang menggunakan block 4 inch.

Penguatan batang vertikal dan batang baja yang ditanamkan ke dalam dinding sangatlah penting. Batang vertikal harus memiliki diameter 10mm dan hanya boleh 40cm dari yang lain. Banyak rumah yang dibawah standar punya batang lebih tipis (6mm) di beri ruang lebih jauh dari yang lain (90cm).

Untuk batang berbentuk horizontal, ketebalannya harus 10mm dan di beri tuang 60cm dari yang lain (atau antara 3 lapis blok beton berongga).

Dinding yang lebarnya lebih dari 3 meter harus ditingkatkan untuk menghindari dari ambruk ketika gempa datang.

20140219-concrete-hollow-block-house

Banyak rumah orang Filipina yang memiliki dinding atap pelana dan dinding di sekitar rumah. Untuk menjaga dinding atap pelana jatuh (seperti yang terlihat dalam video), bahannya harus ringan. Kalau bahan tersebut terbuat dari blok beton berongga, harus disangkar dengan baik ke seluruh rumah. Rumah tanpa dinding atap pelana jauh lebih aman. Contohnya adalah rumah-rumah dengan atap datar.

Pondasi dari beton bertulang akan menahan guncangan gempa yang menjadikannya dasar pondasi paling baik bagi sebuah rumah. Ini lebih stabil dari fondasi batu atau beton lipat.

Jenis tanah yang dibangun menjadi rumah menjadi faktor lain. Batu atau tanah kaku lebih stabil sementara tanah berlumpur membuat rumah anda goyang.

Pengukur terakhir adalah kondisi rumah secara keseluruhan. Rumah utuh dengan kerusakan dari gempa atau perbaikan dari bencana sebelumnya memiliki kesempatan lebih baik untuk bertahan gempa.Karena terletak di Cincin Api Pasifik, orang Filipina wajar jika terkena gempa.

Source https://blog.rumahdewi.com
Comments
Loading...