10 Arsitek Wanita Paling Terkenal di Dunia

0 83

10 Arsitek Wanita Paling Terkenal di Dunia

Kemegahan bangunan yang membuat mata terpana tidak terlepas dari kerja keras dan olah pikir para arsitek dibelakangnya. Bahkan banyak diantara mereka yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan dunia arsitektur di abad selanjutnya.

Lebih menariknya lagi, pekerjaan yang terkesan maskulin ini nyatanya juga banyak ditekuni para wanita. Beberapa diantaranya bahkan mengalahkan para arsitek pria dan menjadi yang terbaik di dunia.

1. Zaha Hadid

Arsitek Wanit Terkenal di Dunia
Image: Arch2o.com

Dialah arsitek wanita paling terkenal di dunia arsitektur. Ia berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama dan satu-satunya penerima penghargaan Pritzker Prize tahun 2004 silam. Zaha Hadid terkenal dengan karya-karyanya yang melengkung. Lengkungan Zaha Zahid punya sesuatu yang khas.

Beberapa karyanya yang paling dikenal dunia seperti Gedung Pusat Seni Kontemporer Rosenthal di Cicinnati yang disebutkan oleh New York Times sebagai Gedung pendatang baru yang memiliki kedudukan paling penting di Amerika. Ada juga Abu Dhabi Performing Art Center dan Bee’ah Headquarters yang terkenal dan monumental di UAE dan masih banyak lagi.

2. Julia Morgan

Arsitek Wanita
Image: latimes.com

Julia Morgan adalah wanita cantik kelahiran San Francisco, California, Amerika Serikat pada 20 Januari 1872. Dia menjadi bagian arsitek penting yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Kehebatannya dimulai dari menjadi perempuan pertama yang berhasil lulus sekolah ilmu arsitektur di Ecole des Beaux-Arts Perancis pada tahun 1896.

Selain itu Julia Morgan juga merupakan perempuan pertama yang berhasil bekerja sebagai arsitek professional di California, Amerika Serikat. Pernah juga ia mendapatkan penghargaan AIA Gold Medal.

Semasa hidupnya ia sudah berhasil mendesain lebih dari 700 bangunan antara lain Gereja Presbiterian St John di Berkeley, The Hearst Castle di San Siemon, Riverside Art Museum dan masih banyak lagi.

3. Kazuyo Sejima

Arsitek Wanita di Dunia
Image: resite.org

Perempuan kelahiran Jepang bernama Kazuyo Sejima ini merupakan sosok perempuan yang memiliki pengaruh besar dalam dunia arsitektur. Kazuyo terkenal dengan proyek kolaborasinya dengan Arsitek Ryue Nishizawa. Mereka berdua membuka perusahaan arsitektur bernama (SANAA) atau Seijima Nishizaea and Associates.

Berbagai pengharagaan bergengsi telah diraih wanita satu ini yang membuatnya diperhitungkan di mata dunia. Banyak karyanya yang telah diakui dimata dunia seperti 21st Century Museum of Contemporary Art. Karyanya yang menonjolkan elemen-elemen modern dengan material yang mudah didapat menjadi daya Tarik yang dimiliki Kazuyo.

4. Teresa Borsuk

Arsitek Wanita di Dunia
Image: arqblog.com.br

Wanita kelahiran Inggris ini merupakan arsitek wanita yang mendapatkan penghargaan dari The Architect’s Journal sebagai arsitek perempuan tahun 2015. Penghargaan tersebut ia dapatkan atas keberhasilannya menikatkan kesetaraan gender di perusahaan arsitektur tempatnya bekerja.

5. Marion Mahony Griffin

Arsitek Marion Mahony Griffin
Image: classicist.org

Marion Mahony Griffin adalah wanita pertama di dunia yang mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang secara resmi menjadi arsitek berlisensi. Sama halnya dengan wanita lainnya ia juga sempat tenggelam dalam ketenaran rekan laki-lakinya.

Namun ia tetaplah memberikan kontribusi besar khususnya dalam hal kesetaraan gender dalam dunia arsitektur. Karya hebatnya antara lain Library and Museum for the Raja of Mahmudabad.

6. Anna Keichline

Arsitek Wanita
Image: ucg.org

Wanita pertama yang terdaftar sebagai arsitek di Pennsylvania ini lebih dikenal dengan penemuannya yakni K Brick berongga yang tahan api. Penemuan ini menjadi petunjuk atau dasar bagi pengetahuan balok beton modern. Karyanya antara lain the Plaza Theatre & the Cadillac Garage and Apartments.

7. Norma Merrick Sklarek

Arsitek Wanita di Dunia
Image: pioneeringwoman

Norma Merrick Sklarek adalah arsitek wanita kulit hitam pertama yang terdaftar sebagai arsitek di dua negara bagian yakni. New York dan California. Ia juga menjadi wanita kulit hitam pertama yang dihormati oleh arsitek-arsitek di AIA.

Perjalanan hidupnya ini menjadikan ia sebagai arsitek wanita yang memliki pengaruh besar dalam dunia arsitektur. Karya-karyanya antara lain Pacific Design Center, San Bernardino City Hall & LAX Terminal One.

8. Maya Lin

Perempuan yang memiliki keahlian dalam dunia seni dan arsitektur ini juga menjadi wanita yang ikut mencatatkan Namanya sebagai arsitektur wanita yang menonjol didunia.

Pada umurnya yang ke 21 ia memperlihatkan keahliannya yang lebih menonjol dalam dunia arstektur dimana ia berhasil menjadi pemenang ‘Vietnam Veterans Memorial’ di Washington, DC. Beberapa karya terkenalnya yakni FXB Aerospace Engineering Building-Wave Field & Rockefeller Foundation Headquarters interior.

9. Anne Griswold Tyng

Wanita sarjana desain geometris ini memulai karirnya dalam dunia arsitektur dengan berkolaborasi Bersama Louis I. Kahn pada pertengahan abah ke dua puluh di Philadelphia.

Anne Grisworld mencatatkan Namanya sebagai arsitektur wanita dengan berbagai karyanya yang memukau dunia dan tentunya memberikan pengaruh terhadap dunia arsitektur. Beberapa karyanya yakni Wachsman hangar & Trenton Bath House.

10. Denise Scott Brown

Arsitek wanita yang memiliki kontribusi penting dalam desain perkotaan. Ketika ia bertemu dengan suaminya bernama Robert Venturi, Denise Scott mencatatkan diri dalam membawa perubahan selama satu abad lebih dimana umumnya wanita akan berada dibelakang suaminya. Denise justru lebih seng mendapatkan sorotan.

Penelitian dan pengajaran yang diberikannya memberikan pemahaman modern tentang hubungan antara desain dengan masyarakat. Hebatnya lagi Denise Scott juga pernah memenangkan penghargaan bergengsi yakni Pritzker Architecture Prize. Karya yang pernah ia tangani antara lain Sainsbury Wing, Seattle Art Museum, dan Allen Memorial Art Museum.

Itulah 10 arsitek wanita yang mencatatkan namanya didunia sebagai arsitek-arsitek hebat bahkan memberikan dampak dalam dunia arsitek. Dengan begini, rasanya tak ada lagi wanita yang perlu berkecil hati bila ingin berkarya dalam bidang arsitektur.

Source https://www.spacestock.com
Comments
Loading...