10 Arsitek Indonesia yang Tak Cuma Jago Kandang

0 89

10 Arsitek Indonesia yang Tak Cuma Jago Kandang

Dunia arsitektur Indonesia begitu membanggakan. Setuju? Sebab selain jago di dalam negeri, ternyata banyak arsitek Indonesia yang berhasil menunjukan tajinya di kancah internasional. Bahkan karya-karyanya begitu dikagumi dan menjadi langganan klien kelas internasional. Ke-sepuluh anak bangsa gemilang ini menorehkan banyak catatan mengagumkan yang menarik untuk kita simak. Berikut ulasan selengkapnya.

Arsitek Indonesia yang Mendunia

1. Abie Abdillah

Arsitek Indonesia
Image: Wanita Indonesia

Abie Abdillah berhasil mengantongi berbagai prestasi di dunia arsitektur. Pada tahun 2013, pendiri Studio Hiji ini berhasil menjadi finalis di CASA Design Challenge. Kemudian setelahnya mengadakan pameran di CASA Indonesia pada 2015. Bahkan karyanya yang bertajuk Lukis Armchair sukses mencuri perhatian Giulio Cappellini.

Giulio Cappelini sendiri merupakan Art Director untuk Instituto Marangoni Design School serta Cappellini yang ada di Italia. Di tiap tahunnya pun, desainer produk ini juga berangkat ke berbagai perhelatan desain global sebagai perwakilan Indonesia.

2. Budi Pradono

Arsitek dari Indonesia
Image: lifestyle.bisnis.com

Tak hanya jago di dalam negeri. Budi Pradono pun berhasil melebarkan sayapnya sebagai arsitek serta kurator ternama dunia. Sepak terjangnya di dunia arsitektur pun begitu mengagumkan. Salah satunya sebagai penerima penghargaan dalam acara Arcasia Award for Architecture untuk kategori residensial.

Baginya, berpartisipasi serta mengunjungi pameran seni serta desain di mancanegara merupakan asupan ilmu yang begitu bermanfaat. Pengalaman tersebut pun sering ia bagikan di acara seminar-seminar penting baik di dalam maupun luar negeri.

3. Daliana Suryawinata

Arsitek Indonesia yang Mendunia
Image: indesignlive.uk

SHAU Indonesia atau Studio for Hope in Architecture and Urbanism pertama kali dibentuk pada 2008 di Munich dan Rotterdam. Daliana Suryawinata merupakan salah satu pendiri perusahaan tersebut. SHAU berfokus pada pengerjaan proyek-proyek seputar urban dan arsitektur yang memberikan andil positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Perumahan Rakyat dalam bentuk revitalisasi rumah susun hingga proyek Kampung Vertikal pun berasal dari ide-ide konseptual SHAU yang didirikan oleh salah satu arsitek wanita terbaik Indonesia ini.

4. Harsono Enggalhardjo

Karya Arsitektur Indonesia
Image: CASA Indonesia

Berperan sebagai pendiri perusahaan furnitur lokal Saniharto, sosoknya begitu lekat dengan branding furnitur premium. Serangkaian koleksinya berhasil menghiasi ruang publik berkelas selama belasan tahun di Indonesia. Melalui karya furnitur premium yang dirancangnya, sejumlah hotel bertaraf Internasional pun tak luput dari jangkauannya.

Misalnya saja Shangri-La, Four Seasons, Ritz Carlton, hingga St. Regis. Ia berhasil membuktikan bahwa produksi asli Indonesia mampu berkompetisi di kancah internasional dari banyaknya daftar klien kelas dunia yang ada di genggamannya.

5. Irma Hardjakusumah

Karya Arsitek Indonesia
Image: Instagram.com/studio.left

Governor’s Ball Oscar ke-87 bertema tahun 1920 hingga 1940 Hollywood tempo dulu merupakan salah satu karya Irma Hardjakusumah. Wanita lulusan sarjana arsitektur dari Universitas Indonesia ini memutuskan menekuni industri desain. Keputusan tersebut dibarengi dengan studi lanjutannya ke jurusan seni dan desain di Art Center College of Design California serta University of California di Los Angeles.

Talenta yang dimilikinya pun membuahkan hasil. Melalui biro konsultan miliknya yang berdiri sejak 2011, ia dipercaya merancang perhelatan Emmy Award 2013 serta Governor’s Ball Oscar 2015. Pada pengerjaan protek Governor’s Ball Oscar, ia pun dibantu oleh Cheryl Cecchetto yang merupakan produser dari California.

6. Lea Aziz

Arsitek Indonesia yang Mendunia
Image: Aziz Indonesia

Lea Aziz merupakan seorang dosen, pembicara, desainer interior, hingga pendiri biro desain interior. Biro desain interiornya bernama PT. Elenbee Dwi Panata. Karirnya di dunia arsitektur pun semakin menanjak. Terbukti ia didapuk sebagai Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Di kancah internasional pun, wanita yang telah menyaksikan perjalanan industri desain selama 3 dekade ini juga sangat mengagumkan sepak terjangnya. Perancang desain bandara baru Indonesia ini sering diundang sebagai narasumber di seminar luar negeri. Misalnya International Gathering of Designer yang diselenggarakan di Cangzha, Tiongkok.

7. Max Gunawan

Karya Arsitek Indonesia
Image: Influencer Media

Max Gunawan menamatkan pendidikannya di Indonesia. Kemudian memperoleh kesempatan bekerja di perusahaan desain besar yang ada di San Fransisco, Amerika Serikat.

Karyanya yang terkenal adalah produk lampu multifungsi yang diberi tajuk Lumio. Karya tersebut merupakan salah satu buah dari keputusannya dalam mendalami dan menekuni desain produk sejak tahun 2012 silam.

8. Ridwan Kamil

Arsitek Ridwan Kamil
Image: Indonesia Proud

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak tahun 2018 dan Walikota Bandung sebelumnya, Kang Emil begitu ia kerap disapa, meniti karir sebagai arsitek di Amerika Serikat. Pada tahun 2002, Ridwan Kamil kembali ke Indonesia dan mendirikan Urbane dua tahun setelahnya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa konsultan, arsitektur dan desain.

Ilmu arsitektur yang dimilikinya pun terwujud dari penataan kota Bandung yang begitu mengagumkan. Selain Museum Tsunami di Aceh, lulusan S1 ITB ini juga menelurkan karya seperti rancangan Master Plan untuk Marina Bay Waterfront di Singapura. Karya lainnya seperti Grand Tourism Community Club House di Calcutta India, Tech Park di Kunming Tiongkok, hingga Suzhou Retail Waterfront Masterplan Tiongkok juga menjadi hasil karyanya yang mendunia.

9. Revano Satria

Arsitek Asal Indonesia
Image: revolusiruang.com

Revano Satria merupakan arsitek lulusan Architectural Association School of Architecture yang ada di Inggris. Pria yang telah memiliki biro arsitek sendiri yang bertajuk Revastudio ini mendirikan MSSM Associates pada 2010 di London. Perusahaan arsitektural internasional tersebut didirikan bersama dengan Pavlos Schizas dari Siprus, Michael Moukarzel dari Libanon serta Mohammed Makki dari Kuwait.

Bersama-sama mereka mendirikan perusahaan arsitektural internasional yang berfokus pada teknik desain arsitektur dalam tingkatan yang lebih mendalam serta jauh.

10. Rubi Roesli

Arsitek Khas Indonesia
Image: YouTube

Rumah Musik Harry Roesli yang dikhususkan untuk anak jalanan, Biroe Architecture & Interior yang berisikan pekerja dari pedalaman merupakan beberapa karya yang pernah digagas oleh seorang Rubi Roesli.

Tak hanya sebagai arsitek. Melalui ilmu yang dimilikinya, ia pun mendedikasikan waktu serta apa yang dimiliki untuk mendirikan Pavilion Indonesia bersama Miranti Gumayana dan Dani Hermawan di World Expo Milano tahun 2015 silam.

Itulah beberapa arsitek terbaik di Indonesia yang sukses di dunia Internasional.

Source https://www.spacestock.com
Comments
Loading...